Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, News Investor Tiongkok Lirik Industri Rotan Indonesia

Investor Tiongkok Lirik Industri Rotan Indonesia

Sketsanews.com – Menteri Perindustrian Saleh Husin menyebut saat ini sejumlah investor asal Tiongkok sedang tertarik menjajaki industri furniture di Indonesia.

Salah satunya adalah pengolahan rotan. Menurut Saleh, selama ini sebagian besar rotan diekspor secara mentah ke luar negeri. Bahkan, hasil hutan itu dibawa secara ilegal untuk diproduksi di luar negeri.

Ilustrasi/Kerajinan rotan
Ilustrasi/Kerajinan rotan

“Daripada produksi di sana, kita minta industri dibawa ke Indonesia dan diproduksi di Indonesia sehingga dengan sendirinya,” kata Saleh usai menerima kedatangan investor Tiongkok dan Asosiasi Mebel dan Kerajinan Indonesia (AMKRI) di Jakarta, Jumat 11 Maret 2016.

Ketua Umum AMKRI Rudi Halim mengatakan bahwa kedatangan pengusaha Tiongkok ke Indonesia ini disebabkan oleh ketertarikannya untuk berinvestasi di sektor ini. Pada tahap awal, mereka tengah menjajaki rencana kerja sama ini.

“Mereka datang ke sini itu tidak langsung akan invest di sini. Harus ada kunjungan berikutnya dan berikutnya yang harus kami tindak lanjuti,” katanya. Seperti dilansir vivanews.

Rudi mengatakan ketertarikan mereka untuk menanamkan modal di Indonesia karena masalah bahan baku dan upah. Pertama, bahan baku rotan di Indonesia cukup melimpah. Kedua, upah buruh di Tiongkok terus meningkat. Bahkan, upahnya saat ini mencapai US$300-400 per bulan.

“Di sana mereka tidak bisa bersaing karena upah meningkat terus,” katanya. (An)

%d blogger menyukai ini: