Sketsa News
Home Tekno-Sains Google Tahu Apa Kebiasaan Anda, dan Beginilah Cara Anda Mengetahuinya

Google Tahu Apa Kebiasaan Anda, dan Beginilah Cara Anda Mengetahuinya

1

Pernahkah Anda berfikir bahwa ketika Anda berinternet mengunjungi sebuah situs atau mengetikkan sesuatu pada sebuah laman situs, seperti ada “seseorang” yang sedang mengawasi Anda? Atau Anda merasa merasa khawatir bahwa apa yang Anda lakukan ketika berselancar di dunia maya, meninggalkan jejak atau rekaman yang memungkinkan orang lain dapat mengetahui apa saja yang menjadi kesukaan Anda? Jika demikian, maka kiranya Anda tidak berlebihan, karena google memang memiliki rekaman tersebut.

Google hari ini merupakan raksasa yang mendominasi hampir di semua lini dunia maya dengan berbagai produknya. Google tidak hanya sebagai sebuah mesin pencari, tetapi telah banyak mengakuisisi perusahaan-perusahaan lain yang bergerak di bidang layanan berbasis daring. Didukung oleh tim kerja dan mesin-mesin atau bot yang bekerja 24 jam sehari, 7 hari seminggu dan 365 hari setahun, menjadikan google memiliki banyak data terkait pengguna layanannya dan juga informasi pengguna jaringan daring diseluruh dunia, termasuk pengguna perorangan. Dengan dukungan bot spider crawler-nya, tak heran google menjadi mesin pencari nomer satu, yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet.

Pertanyaan berikutnya muncul dari pengguna yang merasa bahwa terkadang ada hal yang harus disimpan dan menjadi tidak ideal jika orang lain selain dirinya tahu, “Apa saja yang diketahui google tentang kita?”

2

 

 

 

 

 

Mari kita lihat apa yang google tahu tentang kita.
1. Buka penjelajah Anda dan kunjungi laman Google’s Web and App Activity

3

 

 

 

 

 

  1. Kemudian, klik ikon roda gerigi di sebelah kanan layar

5

 

 

 

 

 

3.Lalu pilih menu “Download” dari daftar dropdown menu

7

 

 

 

 

 

4.Selanjutnya, jendela pop-up akan muncul yang berisi peringatan yang intinya agar Anda tidak melakukan proses unduh berkas history ini di komputer umum, karena berisi in

formasi yang bersifat pribadi dan penting. Jika Anda sudah membaca dan memahami konsekuensinya, maka selanjutnya tinggal tekan tombol “Create Archive” untuk mengunduh file history.

8

 

 

 

 

 

 

Jika proses berjalan lancar, maka Anda akan memperoleh tautan untuk mengunduh file history Anda.

 

Be wise

Apakah membiarkan google menyimpan data history pencarian dan jelajah kita adalah hal yang bijak? Pertanyaan tersebut bisa saja berbeda jawabannya antara Anda dengan orang lain. Lantas apa keuntungan yang kita rasakan ketika kita “membiarkan” google menyimpan dan merekan data pencarian kita?

Google hari ini menjadi penyedia berbagai layanan daring di internet, dan semua fitur serta kemudahan yang ditawarkan bisa kita nikmati dengan gratis. Lantas dari mana google memperoleh keuntungan? Jawabannya mudah, dari kita selaku penggunanya. Sebuah ujaran diinternet bisa menjadi jawaban dari hal tersebut.

“Jika sebuah layanan Anda peroleh secara gratis, maka Anda-lah produknya”

Ya! Kita lah komoditas google, data kita, rekam jejak kita ketika berinternet, kebiasaan kita dalam berselancar di dunia maya, barang apa yang sering kita cari, situs apa yang sering kita kunjungi, dan lain sebagainya, yang semua itu terwujud dalam satu kata, informasi. Infromasi ini lah yang kemudian google jual kepada yang membutuhkan dan berani membayar mahal atas informasi tersebut.

Selain google memang memerlukan data tentang habit/kebiasaan kita ketika berinternet, dengan adanya rekaman tentang hal tersebut, google juga mengkalkulasikan data-data tersebut sehingga ketika suatu saat Anda berjelajah, google akan mengenali Anda, dan menawarkan hal-hal yang menurut google mungkin akan Anda sukai, ingat google “tahu” (red. merekam) kebiasaan Anda, sehingga hadil pencarian Anda mungkin sedikit berbeda dengan hasil pencarian orang lain, karena “kebiasaan” Anda mungkin juga berbeda dengan “kebiasaan” orang lain ketika berselancar di dunia maya . Jadi, kembali kepada pertanyaan awal, “bijak atau tidak “membiarkan” google menyimpan data history Anda?” Semua kembali kepada Anda. (et-al)

 

#Baca juga : Rahasia apa yang Anda tidak ingin google tahu tentangnya, begini cara menghapusnya

 

%d blogger menyukai ini: