Sketsa News
Home Tekno-Sains Rahasia Apa yang Anda Tidak Ingin Google Tahu Tentangnya, Begini Cara Menghapusnya    

Rahasia Apa yang Anda Tidak Ingin Google Tahu Tentangnya, Begini Cara Menghapusnya    

 

11

Jika Anda sampai pada artikel ini, maka berarti Anda termasuk orang yang perduli dengan privacy Anda, atau mungkin Anda telah membaca artikel sebelumnya yang berjudul

Google Tahu Apa Kebiasaan Anda, dan Beginilah Cara Anda Mengetahuinya

Baiklah, mari kita coba sedikit menyinggung bahasan kita sebelumnya. Google menyimpan data tentang situs apa saja yang kita kunjungi, gambar apa saja yang kita lihat, tautan mana saja yang kita klik, hal apa saja yang kita cari melalui mesin pencari google, dan barang apa yang kita anggap menarik untuk dibeli pada sebuah market place, serta data lainya yang mungkin Anda tidak sadari bahwa google merekam dan menyimpannya. Data-data tersebut tersimpan rapi dalam database google, dan dapat ditampilan kembali, bahkan seringkali digunakan untuk dianalisa oleh mesin google setiap kali Anda online, dan walaupun Anda menghapus data history pada komputer Anda, google masih menyimpan salinannya untuk Anda.

Masing-masing pengguna internet memiliki kesukaan dan latar belakang yang berbeda. Pada beberapa pengguna, kerahasiaan data menjadi sebuah syarat penting dalam sebuah pertimbangan, sedangkan bagi kebanyakan yang lain tidak. Privacy yang tetap terjaga, mejadi sebuah nilai penting untuk tetap terjaga, karena hal itu lah yang membuatnya private sehingga memiliki value yang terjaga. Menjadi kebalikannya manakala sebuah data yang seharusnya private, kemudian dapat dimiliki oleh pihak lain, dan ada kemungkinan bersifat public, sehingga pada saat yang sama, ia tidak lagi bersifat private. Demikianlah konsep privasi, yang bagi masing-masing orang berbeda standarnya.

Google sebagai penyedia jasa layanan daring, terus mengembangkan fitur-fitur yang dimiliki oleh mesin pencari andalannya. Berbagai update algoritma telah dialkukan untuk menyempurnakan hasil dari sebuah pencarian pada mesin pencari google. Google tidak lagi menjadi mesin pencari, namun hari ini google ingin menjadi mesin pemberi solusi. Hasil-hasil yang ditampilkan tidak hanya sekedar mencari sebuah padanan kata yang terdapat pada berbagai situs dalam jaringan, tetapi menampilkan artikel yang menurut google akan menjawab atau memberi solusi dari apa yang sedang seseorang cari melalui mesin pencari google. Untuk itulah, google menyimpan data dari kebiasaan dan history Anda, agar google dapat menganalisa dan memberikan saran yang menurut bot mesin google adalah solusi yang dapat menjawab masalah Anda, yang mungkin saja berbeda dengan orang lain.

22

 

 

 

 

 

 

Pun demikian, masing-masing pengguna internet memiliki latar belakang keperluan dan kepentingan yang berbeda-beda. Bagi Anda yang lebih menghargai privacy Anda ketika berjelajah dan ingin tetap menjaganya remain secreet, berikut langkahnya :

  1. Jalankan mesin penjelajah Anda, dan buka laman Web and App Activity Page, kemudian klik ikon roda gerigi pada bagian kanan atas layar

33

 

 

 

 

2. Kemudian pilih “Remove Items” dan klik “the beginning of time” / “all the time” atau yang semisal dengannya, denggan maksud untuk menghapus data sejak awal waktu/semua sesi

44

 

 

 

 

3.Klik tombol “Remove”, maka google akan menghapus data pencarian Anda

55

 

 

 

Dan dan ucapkan selamat tinggal pada data Anda.

Menghapus atau membiarkan google menyimpan salinan dari riwayat pencarian kita, berpulang kembali kepada Anda sebagai pengguna layanan. Anda bisa memilih untuk “membiarkan” google merekam kebiasaan Anda, atau Anda memilih untuk tetap menjadi seorang “asing” di mata google, the choice is yours. Dan jika Anda  bertanya apa jaminannya bahwa google tidak memiliki atau menyimpan salinan atau backup lain dari data tersebut, mungkin hanya google dan Tuhan yang tahu. (et-al)

%d blogger menyukai ini: