Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines Kematian Siyono, Kepala Divisi Humas Mabes Polri Akui Anggotanya Lalai

Kematian Siyono, Kepala Divisi Humas Mabes Polri Akui Anggotanya Lalai

Sketsanews.com – Polri mengaku lalai hingga mengakibatkan terduga teroris Siyono tewas. Polisi akan meningkatkan Standar Operation Procedur (SOP) terkait pengawalan tahanan teroris.

Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Anton Charliyan. (Foto:MTVN/Lukman)
Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Anton Charliyan. (Foto:MTVN/Lukman)

Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Anton Charliyan mengakui anggotanya lalai. “Ini juga salah satu prosedur yang salah, seharusnya mengawal tahanan itu minimal dua orang. Ini adalah kesalahan prosedur dari kami sendiri,” kata Anton di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Senin (14/3/2016).

Anton mengungkapkan, saat Siyono dibawa untuk menunjukkan bunker penyimpanan senjata di daerah Prambanan, Jawa Tengah, hanya satu anggota yang mengawal dan satu anggota lain sebagai sopir.

“Kami menyayangkan, kita juga tanya kepada yang mengatar, kenapa saudara hanya sendiri, katanya karena (teroris) kooperatif,” kata Anton.

Pengawal yang menjaga Siyono diketahui membukakan ikatan tutup kepala dan borgol setelah dirayu Siyono. Setelah itu, Siyono menyerang anggota hingga berakhir perkelahian dan Siyono tewas.

Terkait kejadian itu, Polri akan memperketat SOP untuk penjagaan tahanan teroris. “Kami lebih menertibkan tata cara membawa tahanan apalagi tahanan penting, jangan terbawa bujuk rayu,” ujar Anton.

%d blogger menyukai ini: