Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, News 169 Negara ini Bebas dari Visa Kunjungan ke Indonesia

169 Negara ini Bebas dari Visa Kunjungan ke Indonesia

Foto: Lamhot Aritonang/ Menkum HAM dan Dirjen Imigrasi
Foto: Lamhot Aritonang/ Menkum HAM dan Dirjen Imigrasi

Sketsanews.com – Imigrasi merilis 169 negara yang dibebaskan dari kewajiban memiliki visa untuk tujuan kunjungan ke Indonesia. Hal ini berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 21 Tahun 2016 yang ditandatangani Presiden Joko Widodo 02 Maret lalu.

Dalam siaran pers Dirjen Imigrasi Kemenkum HAM, Rabu (23/3/2016), sebelumnya, bebas visa Kunjungan diberikan kepada 45 Negara berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 69 Tahun 2015 sejak 10 Juni 2015.

100 hari kemudian, tepatnya tanggal 18 September 2015, Peraturan Presiden Nomor 104 Tahun 2015 diterbitkan. Jumlah negara yang mendapat fasilitas bebas visa kunjungan ke Indonesia meningkat menjadi 90 negara.

“Peraturan Presiden Nomor 21 Tahun 2016 mengamanatkan bahwa Penerima Bebas Visa Kunjungan diberikan izin tinggal kunjungan untuk 30 hari dan tidak dapat diperpanjang masa berlakunya ataupun dialihstatuskan menjadi izin tinggal lainnya,” kata Kepala Humas Imigrasi Heru Santoso.


Penerima Bebas Visa Kunjungan pun dapat keluar dan masuk melalui 124 Tempat Pemeriksaan Imigrasi darat, laut dan udara. Orang Asing penerima Bebas Visa Kunjungan dapat melakukan kegiatan untuk tujuan wisata, kunjungan keluarga, sosial, seni dan budaya, tugas pemerintahan, memberikan ceramah atau mengikuti seminar, mengikuti pameran internasional, mengikuti rapat yang diadakan dengan kantor pusat atau perwakilan di Indonesia, dan untuk meneruskan perjalanan ke luar negeri.

Apabila izin tinggal untuk tujuan kunjungan selama 30 hari yang diakomodir melalui Bebas Visa Kunjungan dirasa tidak memadai, fasilitas Visa Kunjungan saat Kedatangan (Visa on Arrival) maupun Visa Kunjungan masih dapat digunakan.

Fasilitas ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang lebih dalam peningkatan perekonomian pada umumnya dan peningkatan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara.

Daftar negara yang bebas visa kunjungan antara lain Afrika Selatan, Albania, Aljazair, Amerika Serikat, Andorra, Angola, Arab Saudi, Argentina, Australia, Filipina, Beligia, Denmark, Bosnia, Brazil, Brunei, Jepang, Jerman, Korea Selatan, Kuwait, Malaysia, Palestina, Singapura, Rusia.

(Bdz/detiknews)

%d blogger menyukai ini: