Sketsa News
Home News Telkom menggelar NextDev Junior, Pelajar SMA Diberi Pelatihan Pembuatan Aplikasi Mobile

Telkom menggelar NextDev Junior, Pelajar SMA Diberi Pelatihan Pembuatan Aplikasi Mobile

Sketsanews.com – Telkom menggelar NextDev Junior, sebuah program pelatihan pembuatan aplikasi mobile bagi siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Hal ini juga salah satu upaya melengkapi ekosistem digital khususnya di segmen remaja.

Kegiatan edukasi yang diikuti ratusan pelajar ini dilaksanakan di 8 lokasi SMA Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur. Kegiatan ini merupakan bagian dari salah satu program Corporate Social Responsibolity (CSR) Telkomsel sejak 2013 lalu.

Vice Peeaident Corporate Communications Telkomsel Adita Irawati tengah melihat salah satu perserta Telkomsel NextDev Selasa (17/3/2016).
Vice Peeaident Corporate Communications Telkomsel Adita Irawati tengah melihat salah satu perserta Telkomsel NextDev Selasa (17/3/2016).

“Saat ini segmen remaja merupakan salah satu pengguna aktif internet dengan berbagai aplikasi digital yang membangun dimasa depan,” kata Vice President Corporate Communications Telkomsel, Adita Irawati Kamis (17/3/2016).

Melalui NextDev Junior, pelatihan tentang pembuatan aplikasi mobile kepada pelajar SMA akan berjalan secara berkelanjutan. Melibatkan Oracle Studio dan Hicca Studio sebagai motivator dan inspirator dari pelaku industri aplikasi, pelatihan NextDev Junior terbagi atas tiga tahapan. Seperti dikutip dari tribunnews.

Tahap pertama diawali dengan seminar bagi seluruh siswa di sekolah terpilih, yang kemudian diikuti dengan penjaringan kandidat siswa dan training bagi siswa terpilih. Pelatihan ini meliputi pengenalan awal aplikasi mobile, pengenalan perangkat lunak (software) untuk membuat aplikasi, dan pembuatan aplikasi mobile sederhana.

Tahapan selanjutnya, peserta dilatih untuk membuat aplikasi mobile yang dinamis berdasarkan layout, naskah, dan animasi. Kemudian pada tahap terakhir peserta melakukan penyempurna terhadap aplikasi mobile yang selanjutnya dipublikasi sehingga dapat diunduh atau diakses secara online.

“Kurang lebih ada 720 aplikasi mobile hasil kreatifitas siswa diperkirakan akan dihasilkan pada akhir program NextDev Junior. Dalam NextDev Junior, para siswa dibekali pengetahuan dan keterampilan untuk membuat aplikasi mobile sebagai sarana dan metode baru. Kedepan Telkomsel juga akan menggelar NextDev Junior di SMA-SMA terbaik di setiap provinsi secara nasional,” tukas Aditia. (An)

%d blogger menyukai ini: