Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, News Meriah, Kirab Budaya Warga Kedungpane Perkenalkan Desa Wisata

Meriah, Kirab Budaya Warga Kedungpane Perkenalkan Desa Wisata

Sketsanews.com – Kirab budaya yang diikuti ribuan warga dari enam RW di kelurahan Kedungpane berlangsung meriah hingga lalulintas di jalan Untung Surapati Kedungpane kecamatan Mijen tersendat.

“Kirab ini baru pertama kali diadakan. Tidak hanya kirab tapi juga resik-resik waduk Jatibarang,” kata Bambang Sulistyawan, Lurah Kedungpane di lokasi, Minggu 27 Maret 2016.

Kirab itu diikuti oleh perwakilan masing-masing RW. Rombongan terdepan membawa aba rampe berupa buah dan sayur. Barisan di belakangnya merupakan arak-arakkan.

Meriah, Kirab Budaya Warga Kedungpane Perkenalkan Desa Wisata di Kecamatan Mijen Kota Semarang, Minggu 27 Maret 2016
Meriah, Kirab Budaya Warga Kedungpane Perkenalkan Desa Wisata di Kecamatan Mijen Kota Semarang, Minggu 27 Maret 2016

Masing-masing RW menampilkan keunikan keunggulannya, mulai dari rombongan berpakaian tradisional, drum band hingga barisan pemuda berspeda roda satu.

“Acara ini kami pusatkan di desa wisata Kedungpane khususnya di dukuh Jamalsari yang punya akses masuk ke Waduk Jatibarang. Tujuannya ya untuk menghidupkan desa wisata,” jelasnya. Demikian dilansir dari tribunnews.

Bambang ingin masyarakat tahu ada desa wisata Jamalsari yang punya akses langsung ke waduk Jatibarang. Acara itu juga bentuk doa agar dukuh Jamalsari dan waduk Jatibarang dijauhkan dari bencana.

Tidak hanya itu, dalam acara itu ada juga penebaran benih ikan sebanyak 150 ribu bibit dengan berbagai jenis ikan mulai dari nila, wader dan sebagainya.

Adapun potensi dukuh Jamalsari, antara lain jaran eblek, batik tulis hingga kerajinan. Untuk mendukung perkembangan desa wisata itu pihaknya juga meminta akses resmi ke waduk Jatibarang. “Kondisi sekarang masih jalanan rusak, hanya beton sedikit. Butuh 300 meter hingga 500 meter jalan,” jelasnya. (An)

%d blogger menyukai ini: