Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, Internasional, News, Tekno-Sains Hindari Pengintai Data, Apple Rancang Server Sendiri

Hindari Pengintai Data, Apple Rancang Server Sendiri

Sketsanews.com – Selama beberapa tahun, Apple dilaporkan tengah mengembangkan solusi internal untuk menangani sejumlah data yang perlu dijaga kerahasiannya seperti iTunes, iMessage, Apple Music, dan App Store.

 Hindari Pengintaian Data, Apple Rancang Server Sendiri (Foto: Ubergizmo)
Hindari Pengintaian Data, Apple Rancang Server Sendiri (Foto: Ubergizmo)

Sebagaimana diberitakan okezone, Minggu (27/3/2016), perusahaan disebut masih meneruskan pekerjaan untuk merancang server keamanan sendiri untuk menghindari permintaan pengintaian.

Laporan dari informan mengklaim bahwa Apple menyadari fakta bahwa pihak ketiga dan perangkat keras dapat dikompromikan untuk memungkinkan hacker atau instansi pemerintah untuk mengakses data. Rupanya perusahaan telah menjadi begitu paranoid tentang data intaian hingga mereka telah mulai mengambil foto dari motherboard dan menugaskan label untuk fungsi masing-masing chip. Jika board dengan chip ditambahan tidak dengan desain asli, ia akan segera tahu bahwa ada sesuatu yang tidak pada tempatnya.

Apple benar-benar hanya bisa tenang ketika pengembang seluruh hardware dan perangkat lunak sistem itu sendiri aman, termasuk dengan merancang dan membuat chip dan board sendiri sehingga dapat mengurangi ketergantungan pada perusahaan-perusahaan seperti Google, Microsoft, dan Amazon yang memiliki solusi cloud yang kuat.

Apple telah menegaskan komitmennya untuk privasi pengguna, dan perjuangannya melawan FBI sebagian besar didasarkan pada tanggung jawab perusahaan dengan tidak menjadi preseden buruk dengan menciptakan ‘backdoor’ untuk perangkat sendiri sehingga memungkinkan pemerintah mengambil data. (An)

%d blogger menyukai ini: