Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, Internasional, News Militer Filipina Sudah Kepung Kelompok Abu Sayyaf

Militer Filipina Sudah Kepung Kelompok Abu Sayyaf

Sketsanews.com – Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu mengatakan saat ini militer Filipina sudah turun memburu kelompok garis keras Abu Sayyaf.

Menteri Ryamizard mengungkapkan, militer Filipina kini berada di lokasi diduga keberadaan Abu Sayyaf dan telah melakukan pengepungan.

“Lokasinya sudah dikepung oleh militer Filipina,” ujar Ryamizard usai mengikuti rapat di Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (4/4/2016).

Seorang prajurit marinir Filipina (foto: AFP)
Seorang prajurit marinir Filipina (foto: AFP)

 

Terkait tawaran Pemerintah Indonesia mengirimkan pasukan ke Filipina, Ryamizard mengatakan tawaran tersebut telah ditolak Pemerintah Filipina. Seperti dilansir tribunnews.

“Operasi militer di tangan Filipina, kami tidak boleh masuk,” ujar Ryamizard.

Tebusan 

Sementara itu Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, perusahaan pemilik kapal akan memenuhi uang tebusan 50 juta peso atau sekitar Rp 14,3 miliar kepada kelompok Abu Sayyaf.

“Perusahaannya sudah siap bayar,” ujar Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Luhut di kantornya, Senin (4/4/2016).

Meski demikian, Luhut tak menjelaskan kapan uang itu akan diantarkan kepada penyandera anak buah kapal yang seluruhnya warga negara Indonesia tersebut.

Pemerintah Indonesia sendiri, lanjut Luhut, terus berkomunikasi dengan pemerintahan Filipina.

Dalam komunikasi itu pula, Filipina menolak militer Indonesia masuk wilayahnya untuk mengupayakan pembebasan sandera. (An)

%d blogger menyukai ini: