Sketsa News
Home Berita Terkini, News #RIP Achmad Noe’man, Arsitek Masjid Salman, Bandung

#RIP Achmad Noe’man, Arsitek Masjid Salman, Bandung

Sketsanews.com – “Telah meninggal dunia Prof. Achmad Noe’man, beliau salah satu Pendiriri juga arsitek Masjid @salmanitb,” @rumahamalsalman pada 16.43 – 4 Apr 2016 .

Innalillahi wa inna ilaihi roji’un.
Bpk Ir Achmad Noe’man, Arsitek Masjid Salman, Bandung telah meninggal Dunia.
Semoga diampuni kesalahannya, diterima amal ibadahnya, dilapangkan kuburnya, dan diterima di sisi-Nya.
Kami turut berduka cita untuk seluruh keluarga yang ditinggal. (The Habibie Center).

Achmad Noe’man tutup usia di umur 90 tahun. Ia meninggal di RS Santo Borromeus, Bandung, Senin (4/4/2016). Ia adalah arsitek yang mempelopori desain masjid tanpa kubah, yang salah satu karya rancangannya adalah Masjid Salman di kampus Institut Teknologi Bandung (ITB). Tahun lalu, putranya, Irvan Noe’man yang juga berprofesi sebagai arsitek lebih dulu tutup usia di umur 58 tahun.

Arsitek kelahiran Garut, 10 Oktober 1925 itu meninggal karena sakit. Sekitar pukul 5 sore, jenazah dibawa dari rumah sakit ke rumah duka di Jalan Karanglayung No.10, Kota Bandung. Semasa hidupnya ia mendirikan Biro Arsitektur Achmad Noeman (Birano) dan juga sebagai dosen di ITB. Ia dikenal sebagai Maestro Arsitektur Masjid Indonesia, atau Arsitek Seribu Masjid karena karya-karyanya.

Selain masjid Salman ITB, ia juga merancang berbagai masjid tidak hanya di dalam negeri tapi juga di dunia. Masjid Amir Hamzah di Taman Ismail Marzuki, Masjid at-Tin Jakarta, Masjid Islamic Center Jakarta, Masjid Soeharto di Bosnia dan Masjid Syekh Yusuf di Cape Town, Afrika Selatan adalah beberapa karyanya.(MajalahAsri)

(in)

%d blogger menyukai ini: