Sketsa News
Home Berita Terkini, News, Tekno-Sains WhatsApp Sekarang Dukung Enkripsi “End-To-End”

WhatsApp Sekarang Dukung Enkripsi “End-To-End”

Sketsanews.com – “Bahkan WhatsApp pun tidak bisa melihat isi pesan tersebut,” tulis penjelasan di blog WhatsApp.

Rencana satu setengah tahun WhatsApp untuk memberikan layanan yang aman kini terwujud. Semua pesan yang melalui aplikasi tersebut sudah melalui enkripsi.

whatsapp-dukung-enkripsi-end-to-end

Hari ini sebagian besar pengguna WhatsApp akan menemui notifikasi baru. Isinya kurang lebih memberitahukan bahwa layanan WhatsApp sudah menggunakan enkripsi end-to-end. Dengan kata lain, semua percakapan hanya bisa dilihat oleh pengirim dan penerima pesan.

“Bahkan WhatsApp pun tidak bisa melihat isi pesan tersebut,” tulis penjelasan di blog WhatsApp.

WhatsApp juga menjelaskan bahwa mereka tidak menyimpan fail apa pun terkait percakapan. Ini berarti pihak pemerintah pun tidak bisa memaksa WhatsApp untuk membocorkan data percakapan penggunanya.

Untuk mewujudkan sistem enkripsi ini WhatsApp tidak sendiri. Mereka bekerjasama dengan perusahaan privat yang dibangun oleh sejumlah hacker ternama, Open Whisper Systems. Dalam blognya perusahaan ini menjelaskan apa saja yang sudah diamankan di WhatsApp.

“Semua termasuk percakapan, grup chat, lampiran, pesan suara dan panggilan telepon di Android, iPhone, Windows Phone, Nokia S40, Nokia S60 BlackBerry dan BB10,” klaim perusahaan.

Namun agar sistem pengamanan benar-benar berjalan, WhatsApp meminta agar semua penggunanya memperbarui aplikasi mereka ke versi yang paling terbaru.(CNN)

(in)

%d blogger menyukai ini: