Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, News, Tekno-Sains Sistem Enkripsi, Pengguna WhatsApp Harus Tetap Waspada

Sistem Enkripsi, Pengguna WhatsApp Harus Tetap Waspada

Sketsanews.com – Sistem enkripsi yang dihadirkan oleh aplikasi pesan lintas platform WhatsApp yang bersifat endtoend, di mana hanya pengirim dan penerima saja yang bisa membaca pesan.

Lantas apakah jalur keamanan enkripsi yang dilakukan perusahaan tersebut bisa diretas oleh oknum-oknum anonymous yang tidak bertanggung jawab?

 Sistem Enkripsi, Pengguna WhatsApp Disarankan Waspada (Foto: Technewstoday)
Sistem Enkripsi, Pengguna WhatsApp Disarankan Waspada (Foto: Technewstoday)

Pratama D Persadha, Chairman & Founder CISSReC mengatakan, tidak ada sistem pengamanan yang 100 persen tidak bisa diretas, tergantung kekuatan algoritma enkripsinya.

“Tapi kesadaran WhatsApp melakukan enkripsi untuk aplikasinya patut diapresiasi, bisa membantu menjaga privacy user-usernya,” ujarnya. Seperti diberitakan Okezone, Kamis (7/4/2016).

Menurutnya, kalau bicara tentang High Level Encryption, sistem enkripsi WhatsApp jangan digunakan untuk komunikasi-komunikasi yang strategis seperti di Pemerintahan, Polri, Militer, BUMN ataupun BUMD.

“Karena kita tetap enggak tahu di mana WhatsApp menaruh server komunikasinya, siapa yang bisa mengaksesnya. Apakah benar dan trusted. Kalau itu benar-benar endtoend encryption. Untuk tahunya ya harus di assessment atau diaudit secara mendalam,” tandas mantan Ketua Tim LemSaNeg Pengamanan IT Presiden itu. (An)

%d blogger menyukai ini: