Sketsa News
Home Headlines, News Alumnus SMA Magang di Lab. Nuklir Terbaik Dunia

Alumnus SMA Magang di Lab. Nuklir Terbaik Dunia

Sketsanews.com – Alumnus SMA Bali Mandara, I Made Gita Narendra Kumara berkesempatan mengikuti program magang di laboratorium fisika terbaik dunia, Conseil Européen pour la Recherche Nucléaire (CERN).

Republika melaporkan, CERN berbasis di Jenewa, Swiss. Kepala Biro Humas Pemerintah Provinsi Bali, Dewa Gede Mahendra Putra mengatakan lulusan terbaik sekolah besutan pemerintah Provinsi Bali tahun akademik 2013 ini akan magang selama dua bulan, Juni-Austus 2016. CERN merupakan kompleks laboratorium percepatan partikel terbesar di dunia khusus untuk riset dan eksperimen fisika energi tinggi.

“Dia (Narendra) memang menorehkan banyak prestasi di bidang sains, di antaranya menjadi salah satu pemenang Olimpiade Fisika Internasional yang mewakili Indonesia,” kata Mahendra, Jumat (8/4).

Narendra sendiri saat ini menerima beasiswa pendidikan di Institut Teknologi Bandung (ITB) Jurusan Teknik Elektro. Awal terpilihnya Narendra untuk magang di CERN dimulai registrasi pada Januari 2016.

Pemuda asal Kabupaten Jembrana itu mengikuti sejumlah tahapan administrasi hingga penilaian yang melibatkan tim dari dalam dan luar negeri. Mahendra mengatakan ini menjadi prestasi membanggakan bagi Bali dan menjadi semangat bagi siswa-siswi SMA Bali Mandara lainnya. SMA Bali Mandara merupakan sekolah di bawah naungan Pemerintah Provinsi Bali  yang didirikan 8 April 2011.

Sekolah ini sengaja didirikan untuk menampung generasi muda Bali lulusan SMP dengan prestasi gemilang, namun berasal dari keluarga kurang mampu secara finansial. Sistem pendidikannya berasrama dan siswa mendapat bantuan dana pendidikan penuh.

Pembangkit tenaga nuklir
Pembangkit tenaga nuklir

Sekolah yang berlokasi di Buleleng ini menerapkan kurikulum kombinasi antara kurikulum nasional (KTSP) dan kurikulum internasional dan telah lulus menjadi jaringan Cambridge International Examinations (CIE-Centere). Siswa diwajibkan mengikuti Ujian nasional (UN) dan sekolah ini juga  menawarkan ujian internasional IGCSE, As/A Level. (Zu)

%d blogger menyukai ini: