Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, Internasional, News Inilah Daftar Tiga Sandera Yang Akan Dieksekusi Mati Abu Sayyaf

Inilah Daftar Tiga Sandera Yang Akan Dieksekusi Mati Abu Sayyaf

Sketsanews.com – Anggota kelompok militan Abu Sayyaf mengumumkan rencana eksekusi tiga sanderanya pada Jumat kemarin. Tiga sandera kulit putih yang menjadi targetnya adalah dua orang asal Kanada, John Ridsdel dan Robert Hall, serta seorang asal Norwegia, Kjartan Sekkingstad.

Pengeksekusian itu akan dilakukan berdasarkan permintaan uang tebusan dari pihak kelompok Abu Sayyaf. Pada Maret 2016 lalu, ketiga sandera itu muncul dalam sebuah video, memohon pada pemerintah negara asalnya untuk membayar uang tebusan.

Militan Abu Sayyaf di Pulau Jolo, selatan Filipina.
Militan Abu Sayyaf di Pulau Jolo, selatan Filipina.

Jika permintaan tak dituruti, maka Jumat akan dilakukan eksekusi. Sebelumnya, dalam video rilisan November 2015 lalu, Ridsdel menyebut militan Abu Sayyaf meminta semiliar peso Filipina, atau Rp 284 miliar.

Selain itu, telah dikonfirmasi bahwa ada 15 warga negara asing yang disandera militan kelompok Abu Sayyaf, yang 10 orang di antaranya adalah WNI. Demikian diberitakan Tribunnews.

Sedangkan sisanya seorang dari Belanda, seorang dari Italia, seorang dari Norwegia, dan dua orang dari Kanada. Hal tersebut disampaikan oleh dua juru bicara AFP Brigjen Restituto Padilla dan Kolonel Benjamin Hao pada Rabu (6/4) lalu.

Namun, jumlah tersebut belum termasuk empat orang sandera dari Malaysia, yang menjadi korban penculikan di Pantai Timur Sabah, 1 April lalu. Belum dapat dikonfirmasi apakah empat warga Malaysia itu masih jadi sandera kelompok Abu Sayyaf. (An)

%d blogger menyukai ini: