Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, News Utang Pemerintah di RAPBN-P 2016 Tambah Rp 40 Triliun

Utang Pemerintah di RAPBN-P 2016 Tambah Rp 40 Triliun

Pada RAPBN-P ini, utang diprediksi akan sebesar Rp40 triliun, yang terdiri dari utang tahun lalu sebesar Rp19 triliun dan utang baru sebesar Rp21 triliun.

Sketsanews.com – Pemerintah berupaya untuk terus melakukan penghematan. Dalam Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (RAPBN-P) 2016 yang akan diajukan ke DPR pada 17 Mei nanti, target pemerintah sebesar Rp50,6 triliun penghematan dapat dicapai.

664xauto-utang-pemerintah-di-rapbn-p-2016-bertambah-rp40-t-160408z

Meski begitu, asumsi utang ternyata turut bertambah. Pada RAPBN-P ini, utang diprediksi akan sebesar Rp40 triliun, yang terdiri dari utang tahun lalu sebesar Rp19 triliun dan utang baru sebesar Rp21 triliun.

Utang itu akan digunakan untuk sejumlah kebutuhan, seperti pembangunan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) sebesar Rp1,6 triliun. Di samping itu untuk melaksanakan sejumlah proyek pembangunan infrastruktur.

“Pemerintah juga akan menggunakan anggaran sebesar Rp16 triliun, untuk pengadaan tanah yang akan dilakukan oleh badan layanan umum Lembaga Manajemen Aset Negara, guna percepatan penyelesaian jalan tol. Terutama tol Trans Jawa,” kata Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro seperti dilansir setkab.go.id.

Pemerintah juga akan menjaga kemampuan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Untuk kebutuhan ini, pemerintah menyiapkan anggaran sekitar Rp6 triliun. (Zu/Dream)

%d blogger menyukai ini: