Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, News, Tekno-Sains Begini Cara Kerja Teknologi Enkripsi

Begini Cara Kerja Teknologi Enkripsi

Sketsanews.com – Sebelum melihat bagaimana enkripsi bekerja, ada baiknya Anda mengetahui pengertiannya. Secara garis besar, enkripsi adalah konversi data elektronik ke dalam format lain yang disebut ciphertext. Dalam format ini, data tidak akan mudah dipahami kecuali oleh pihak berwenang.

Data mentah yang sering disebut sebagai plaintext, dienkripsi menggunakan algoritma enkripsi dan kunci enkripsi. Proses ini menghasilkan data dalam format ciphertext yang hanya dapat dilihat dalam bentuk aslinya jika didekripsi dengan kunci yang benar.

(foto:IP Watch)
(foto:IP Watch)

Sebelum melangkah lebih jauh, Anda harus mengetahui Dekripsi. Proses ini hanyalah kebalikan dari enkripsi, menggunakan langkah-langkah yang sama tetapi membalikkan urutan tombol diterapkan. Algoritma enkripsi hari ini dibagi menjadi dua kategori: simetris dan asimetris.

Algoritma simetris menggunakan kunci yang sama atau rahasia untuk mengenkripsi dan mendekripsi pesan atau file. Dalam sistem simetris, metode yang paling banyak digunakan adalah AES, yang diciptakan untuk melindungi informasi rahasia pemerintah.

Enkripsi simetris jauh lebih cepat daripada metode asimetris, namun pengirim harus bertukar kunci yang digunakan untuk mengenkripsi data dengan penerima sebelum ia dapat mendekripsi itu.

Sedangkan cara asimetris atau lebih dikenal dengan kriptografi kunci-publik. Cara ini menggunakan dua kunci yang berbeda, namun secara matematis masih terkait, satu publik dan satu swasta. Kunci publik dapat dibagi dengan semua orang, sedangkan kunci pribadi harus dirahasiakan. Demikian seperti dikutip dari Okezone, Senin (11/4/2016). (An)

%d blogger menyukai ini: