Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, News 41 Anggota Kodam II Pakai Narkoba

41 Anggota Kodam II Pakai Narkoba

Sketsanews.com -Di jajaran Kodam II/Sriwijaya yang meliputi Jambi, Sumatra Selatan (Sumsel), Bengkulu, Lampung, dan Bangka Belitung (Babel), ada 41 personel dengan beragam pangkat yang teridentifikasi terlibat narkoba.

Petugas Kesdam II/Sriwijaya memeriksa urine para Prajurit TNI AD yang ada di Kodam II/Sriwijaya Palembang, -- ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Petugas Kesdam II/Sriwijaya memeriksa urine para Prajurit TNI AD yang ada di Kodam II/Sriwijaya Palembang, — ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

“Di Sumsel, ada 6 anggota. Satu pengedar yang lain pengguna. Setelah kami selidiki, mereka diajak dan berawal dari coba-coba,” ungkap Kasdam II Sriwijaya Brigjen Komaruddin Simanjuntak seusai sidang terhadap 6 personel TNI di Palembang, Sumsel, kemarin.

Dia menuturkan, bagi anggota TNI yang menjadi pengguna narkoba bakal diganjar 4 tahun penjara, sedangkan pengedar dikenai hukuman 20 tahun penjara. Selain itu, mereka semua dipecat dari korps TNI.
Selain itu, lanjut Komaruddin, pimpinan langsung yang mempunyai anggota pengguna narkoba juga akan dicopot dari jabatan. Sebab, menurut dia, pimpinan harus mampu mengawasi bawahan.

Dia memaparkan, persidangan berlangsung cepat, yakni hanya dua hari. Proses hukum terhadap jajaran Kodam II/Sriwijaya yang terlibat korupsi dilakukan di daerah masing-masing. Sidang juga diharuskan berlangsung secara terbuka untuk publik. “Sidang pertama di Jambi. Hari ini (kemarin) di Sumsel ada enam terdakwa. Selanjutnya digilir di Bengkulu, Lampung, dan Babel,” bebernya.

Adapun, dari 82 orang yang menjalani tes urine di jajaran Polda Sulawesi Selatan, kemarin, Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Frans Barung Mangera mengakui, lima orang positif memakai narkoba. “Tiga orang positif benzodiazepin, satu orang sabu, dan seorang lainnya morfin,” jelas Frans.

Dari lima orang itu, sambung Frans, tiga di antaranya merupakan anggota Ditresnarkoba. Akan tetapi, dia enggan menyebut identitas mereka. “Identitas mereka dirahasiakan. Datanya ada di Propam,” kata Frans.
Berdasarkan data dari Kabiddokes Polda Sulselbar Kombes Raden Harjuno, mereka ialah Komisaris Amirullah, Komisaris H Basuwono, dan Komisaris Jaluddin yang positif benzodiazepin. Aipda Julianto positif sabu, dan Komisaris Daryanto positif morfin.

Kapolres Cirebon, Jawa Barat, AKB Sugeng Hariyanto mengungkapkan tiga anggotanya akan diajukan ke ­pengadilan umum karena diduga terlibat dalam peredaran narkotika. Selain itu, lanjut Sugeng, seorang anggota Polres Cirebon Kota berinisial Aiptu AR ditahan. AR, jelasnya, sudah menjadi target Polda Jawa Barat.

Tidak hadir
Kepala Kantor Wilayah Hukum dan HAM Provinsi Jambi Dwi Prasetyo mengatakan, dari 113 sipir, 97 sipir mengikuti tes urine dan seluruhnya negatif narkoba. Adapun, 16 orang lainnya, kata Dwi, tidak hadir saat tes urine. (Br)

%d blogger menyukai ini: