Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, News Kepala BNPT Upayakan Umar Patek Jadi Negosiator Hadapi Abu Sayyaf

Kepala BNPT Upayakan Umar Patek Jadi Negosiator Hadapi Abu Sayyaf

Sketsanews.com – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Tito Karnavian mengupayakan terpidana terorisme Umar Patek menjadi negosiator hadapi kelompok Abu Sayyaf. Hal tersebut sebagai salah satu opsi untuk membebaskan warga negara Indonesia (WNI) yang disandera.

Umar Patek, (Reuters)
Umar Patek, (Reuters)

“Iya itu hanya salah satu opsi, ada opsi lain. Kita enggak bisa sebutkan karena menyangkut rahasia operasi,” kata Tito di Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Selasa (12/4/2016).

Mengenai penyanderaan WNI ini, Tito sendiri enggan memberikan keterangan detail dengan alasan hal tersebut bukanlah kewenangannya.

“Kami hanya terlibat sebagai tim yang dibentuk oleh Bapak Wakil Presiden. Ada unsur dari Polri, ada unsur dari TNI, Menlu, BIN, termasuk BNPT. Saya tidak memiliki otoritas untuk memberikan statement. Semua statement harus satu pintu dari satgas yang dibentuk Wapres,” katanya.

Dalam tim tersebut, BNPT bertugas membantu mengenai informasi jaringan Abu Sayyaf. “Dari tersangka yang ditangkap di sini yang dulu pernah di Filipina itu juga banyak informasi-informasi. Informasi tersebut kami teruskan kepada tim yang dipimpin oleh Bapak Wakil Presiden sehingga kita tidak melakukan operasi-operasi lain,” jelasnya.

Sebelumnya, Kapal Indonesia Brahma 12 dibajak oleh kelompok Abu Sayyaf di perairan Filipina. Mereka juga meminta uang sebesar 50 juta peso atau setara Rp15 miliar. (Br)

%d blogger menyukai ini: