Sketsa News
Home Headlines, News Buronan BLBI Samadikun Hartono Ditangkap di China

Buronan BLBI Samadikun Hartono Ditangkap di China

Sketsanews.com – Sempat menjadi buronan, terpidana kasus dana Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI), Presiden Komisaris Bank Modern, Samadikun Hartono (68), akhirnya ditangkap di China.

“Iya sudah ditangkap. Saat ini kita dalam proses pemulangan. Ini kan memang Samadikun buron dan ditemukan di negara lain,” kata Jaksa Agung HM Prasetyo kepada Okezone, Sabtu (16/4/2016).

Foto: Website Kejagung
Foto: Website Kejagung

Saat ini, sambung dia, pihaknya masih terus berkomunikasi dengan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Sutiyoso dan Kapolri Jenderal Badrodin Haiti.

“Kami juga komunikasi terus dengan Kepala BIN dan Kapolri. Ini merupakan hasil terpadu kita untuk memburu korupsi dan kerjsama dengan Kemlu (Kementerian Luar Negeri),” sambungnya.

Pada 2003, terangnya, Samadikun Hartono divonis empat tahun penjara. Namun, ia melarikan diri.

“Samadikun itu tinggal di Singapura, dan punya bisnis di China dan Vietnam,” ungkap Prasetyo.

Sebagaimana diketahui, Samadikun divonis bersalah dalam kasus penyalahgunaan dana talangan dari Bank Indonesia atau BLBI senilai sekira Rp2,5 triliun yang digelontorkan ke Bank Modern menyusul krisis finansial 1998.

Kerugian negara yang terjadi dalam kasus ini sebesar Rp169 miliar. Berdasarkan putusan Mahamah Agung (MA) tertanggal 28 Mei 2003, mantan Presiden Komisaris Bank PT Bank Modern Tbk itu dihukum empat tahun penjara.

Selain Samadikun, Kejaksaan Agung masih mengejar buronan lain, di antaranya, Lesmana Basuki, Eko Edi Putranto, Hary Matalata, Hendro Bambang Sumantri, Hesham al Warraq, dan Rafat Ali Rizvi. (Br)

%d blogger menyukai ini: