Sketsa News
Home Headlines, Internasional, News, Tekno-Sains Microsoft Gugat Pemerintah AS Atas Permintaan Data

Microsoft Gugat Pemerintah AS Atas Permintaan Data

Sketsanews.com – Microsoft Corp (MSFT.O) menggugat pemerintah AS terhadap permintaan data pelanggan. Microsoft berkewajiban untuk memberitahu pelanggan ketika agen federal ingin melihat email pengguna.

Kasus terbaru terjadi dalam hal serangkaian bentrokan yang lebih mengacu kepada hak privasi antara industri teknologi dan Washington. Gugatan sudah diajukan di pengadilan federal di Seattle.

Microsoft Gugat Pemerintah AS (Foto: Bbc)
Microsoft Gugat Pemerintah AS (Foto: Bbc)

Berdalil bahwa pemerintah AS melanggar konstitusi dengan mencegah Microsoft memberitahukan ribuan pelanggan tentang permintaan pemerintah atas email dan dokumen.

Tindakan pemerintah dinilai bertentangan dengan Fourth Amendment, yang menetapkan hak bagi setiap orang-orang dan bisnis untuk mengetahui pencarian pemerintah. Gugatan itu juga berisi kebebasan berpendapat dan Microsoft First Amendment adalah hak untuk kebebasan berbicara.

Seperti dilansir dari okezone, Senin (18/4/2016), juru bicara Emily Pierce mengatakan, saat ini Departemen Kehakiman sedang mengkaji pengajuan dari Microsoft. Microsoft berfokus pada penyimpanan data pada server remote, bukan secara lokal pada komputer.

Perusahaan multinasional itu juga telah memberikan pembukaan baru bagi pemerintah untuk mengakses data via elektronik.

Dengan menggunakan Electronic Communications Privacy Act (ECPA), pemerintah semakin mengarahkan penyelidikan pada pihak-pihak yang menyimpan data dalam apa yang disebut cloud.

Dalam gugatanya, Microsoft mengatakan orang-orang tidak menyerahkan hak mereka ketika memindahkan informasi pribadi mereka dari penyimpanan fisik ke cloud.

“Kini pemerintah telah dieksploitasi melakukan transisi untuk komputasi cloud sebagai sarana memperluas kekuatannya untuk melakukan penyelidikan yang bersifat rahasia,” tandasnya. (An)

%d blogger menyukai ini: