Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, Internasional, News Ternyata Cina ‘Minta Barter’ Empat Orang Uighur da Buron Samadikun Hartono

Ternyata Cina ‘Minta Barter’ Empat Orang Uighur da Buron Samadikun Hartono

Sketsanews.com – Pemerintah Cina meminta Indonesia mengekstradisi empat orang Uighur dan sebagai gantinya Cina akan memulangkan Samadikun Hartono, buron kasus BLBI, yang ditangkap di Shanghai pekan lalu.

Tiga orang Uighur mendengarkan vonis yang dijatuhkan kepada mereka di Jakarta Utara pada 2015.
Tiga orang Uighur mendengarkan vonis yang dijatuhkan kepada mereka di Jakarta Utara pada 2015.

Menko Polhukam Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan hal itu di Jakarta pada Kamis (21/04).

Menurutnya, permintaan resmi sudah dilayangkan oleh otoritas Cina yang intinya Cina bersedia memulangkan Samadikun Hartono jika pemerintah Indonesia menyerahkan empat orang Uighur adri Cina yang saat ini ditahan di Indonesia.

“Ada (permintaan). Tapi kalau Uighur kita akan bicara sendiri karenalegal case -nya berbeda,” kata Luhut kepada para wartawan.

F1 di Shanghai

Samadikun Hartono ditangkap ketika hendak menonton balap di Shanghai.

Ditambahkannya, pemerintah Indonesia sedang mempertimbangkan permintaan Cina. Kendati demikian, pemerintah Cina diperkirakan tetap akan memulangkan Samadikun Hartono.

Dilansir dari Tribunnews, Samadikun sudah menjadi menjadi buron sejak 2003 ketika kabur saat hendak dieksekusi untuk menjalani hukuman penjara selama empat tahun dalam kasus penyalahgunaan dana Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI).

Namun ia berhasil ditangkap pihak berwenang Cina saat hendak menonton balap F1 di Shanghai, Cina pekan lalu.

Adapun empat orang Uighur kini menjalani hukuman penjara di Indonesia karena bersekongkol dengan kelompok Mujahidin Indonesia Timur pimpinan Santoso. (Zu)

%d blogger menyukai ini: