Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, News Malang Kerahkan Dua Per Tiga Kekuatan Untuk “May Day”

Malang Kerahkan Dua Per Tiga Kekuatan Untuk “May Day”

may day

Sketsanews.com – Setiap tahun berbagai kota di Indonesia dipenuhi aksi kaum buruh yang berusaha menyuarakan tuntutannya. Hal serupa juga akan terjadi di Kota Malang pada hari Minggu (01/05/2016). Menurut rencana, sekitar dua ribu buruh dari seluruh penjuru Malang Raya akan mengepung Kota Dingin untuk memperingati Hari Buruh Internasional 2016.

“Kami mewadahi keinginan teman-teman buruh. Maka nanti kami arahkan untuk terpusat di Balai Kota Malang seperti tahun kemarin. Kami juga sudah melakukan rapat koordinasi dengan Dishub dan Kepolisian untuk melakukan pengamanan selama acara berlangsung,” tandas Kepala Bidang Hubungan Industrial, Disnakertrans Kota Malang, Kasiadi.

Pemerintah Kota Malang menurut Kasiadi tidak menyuruh buruh, tapi lebih kepada mengarahkan buruh dalam rangka peringatan Hari Buruh Internasional. Hal ini dilakukan agar jangan sampai peringatan hari buruh mengganggu keamanan dan berbenturan dengan masyarakat yang lain, apalagi melakukan tindakan anarkis.

Selain akan berorasi, pada peringatan May Day tahun ini, para buruh yang tergabung dalam Solidaritas Perjuangan Buruh Indonesia (SPBI) tersebut akan dilakukan lebih simpatik dengan adanya kegiatan bakti sosial.

Sementara itu, dua per tiga kekuatan diturunkan Polres Malang, jelang May Day atau Hari Buruh Sedunia, Minggu (1/5/2016). Lebih dari dua ribu buruh se-Malang Raya, dijadwalkan akan melakukan longmarch dan berkumpul di Tugu Balaikota Malang.

Wakil Kepala Polres Malang, Komisaris Decky Hermansyah, mengatakan, dua pertiga kekuatan atau sekitar 800 personel, akan mengawal jalanya May Day. “Kita sudah siapkan dua pertiga kekuatan. Pihaknya akan mengawal dan masuk ke dalam acara peringatan Hari Buruh nanti,” ungkapnya.

Adik Kandung Kapolda Jatim, Irjen Anton Setiadji itu melanjutkan, pihaknya mempersilahkan serikat dan persatuan buruh di Kabupaten Malang menyampaikan aspirasinya dengan santun dan simpatik. “Pastinya akan kita kawal sampai acara selesai. Silahkan menyampaikan aspirasinya dengan cara-cara santun dan simpatik,” katanya.

147561_1440646953

Ia melanjutkan, selain 800 Personel Polres Malang akan diturunkan mengawal May Day, pengamanan juga didukung langsung dari TNI dan Satpol PP Kabupaten Malang serta unsur terkait lainnya. Perayaan Hari Buruh Sedunia di Malang, akan dipusatkan di Balaikota Malang.

“Longmarch ribuan buruh ini akan diawali atau berangkat dari Taman Wisata Air Wendit di Pakis, lalu bergerak dan berkumpul di depan Balaikota Malang. Seluruh personel akan kita siagakan dibeberapa titik pengamanan,” pungkas Decky, mantan Kasatreskrim Polres Malang tersebut.

Berdasarkan data dari Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Malang tahun ini, tercatat sekitar 25 persen buruh dari total 56 ribu buruh Kota Malang yang bekerja di 905 Perusahaan tidak mendapatkan upah sebagaimana mestinya.

Sebagaimana dikutip dari MalangTimes, jika dikalkulasikan ada sekitar 14 ribu orang buruh yang menerima gaji dibawah UMK Kota Malang sebesar Rp 2.099.000 di tahun 2016. “Rata-rata semua itu dari skala kecil, seperti industri rumah tangga maupun pertokoan yang memiliki karyawan dibawah lima orang,” jelas Kepala Bidang Hubungan Industrial, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Malang. (Vi)

%d blogger menyukai ini: