Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, News Hoax Pecahan Rp 200.000 dan Penjelasan Resmi BI

Hoax Pecahan Rp 200.000 dan Penjelasan Resmi BI

Sketsanews.com – Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Tirta Segara menegaskan sampai saat ini BI hanya mengeluarkan dan mengatur pecahan rupiah paling besar yaitu Rp 100.000.

“Terkait informasi yang beredar di medsos mengenai uang pecahan Rp 200.000, Bank Indonesia menyatakan bahwa informasi tersebut tidak benar,” kata Tirta, di Jakarta, Kamis (18/2/2016).

BI tidak menerbitkan uang pecahan Rp 200.000, tapi telanjur beredar luas di media sosial sehingga apa yang terjadi dinyatakan bukan tindakan BI.

Tirta menyatakan, kemunculan pecahan uang kertas dengan pecahan Rp 200 ribu tersebut dilakukan pihak-pihak yang kurang bertanggung jawab.

Sebab selama ini, BI memiliki aturan jika ingin mengeluarkan pecahan baru dari mata uang rupiah.

“Untuk tiap uang pecahan baru yang dikeluarkan, Bank Indonesia akan mengeluarkan pernyataan resmi di media massa dan website www.bi.go.id,” ungkap Tirta, dilansir dari TribunNews .

Screenshoot via TΛMTOMO  DΛNISWΛRΛ ‏@tamtomo2

Penjelasan Resmi Bank Indonesia @bank_indonesia Terkait berita Hoax Pecahan Rp.200.000

1. Terkait informasi yg beredar mengenai uang pecahan Rp200.000, Bank Indonesia menyatakan bahwa informasi tersebut tidak benar

2. Saat ini, uang Rupiah pecahan terbesar adalah Rp100.000,-

3. Untuk tiap uang pecahan baru yg dikeluarkan, BI akan mengeluarkan pernyataan resmi di media massa & web //bi.go.id

4. Masyarakat dpt menemukan info tentang Rupiah, termasuk ciri keaslian Rupiah, di link : //www.bi.go.id/id/rupiah/tentang/Contents/Default.aspx

5. Info lebih lanjut hubungi contact center BI (BICARA) di (021) 131 atau bicara@bi.go.id, pada jam kerja

(in)

%d blogger menyukai ini: