Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, Internasional, News 10 WNI Resmi di Bebaskan Abu Sayyaf, dengan Tebusan “P50-million”?

10 WNI Resmi di Bebaskan Abu Sayyaf, dengan Tebusan “P50-million”?

Sketsanews.com – Militan Filipina, Abu Sayyaf dilaporkan telah melepaskan 10 orang sandera asal Indonesia. Sebuah sumber mengatakan uang tebusan 50 juta Peso atau sekitar Rp 14 miliar sudah dibayarkan kepada pihak Abu Sayyaf.

Inspektur Polisi Wilfredo Cayat, kepala polisi Sulu, membenarkan bebasnya 10 orang  dari Indonesia tapi tidak bisa memberikan rincian. Kesepuluh sandera itu dibebaskan pada Minggu tengah hari.

militan-abu-sayyaf

10 Nama Sandera yang dibebaskan Militan Filipina, Abu Sayyaf

  1. Peter Tonson,
  2. Julian Philip,
  3. Alvian Elvis Peti,
  4. Mahmud,
  5. Surian Syah,
  6. Surianto,
  7. Wawan Saputria,
  8. Bayu Oktavianto,
  9. Reynaldi
  10. Wendi Raknadian.

“Beberapa orang tak dikenal mengantar ke-10 orang kru kapal tunda itu ke kediaman gubernur Abdusakur Tan Jnr di Pulau Jolo di tengah hujan lebat,” kata kepala kepolisian Jolo, Junpikar Sitin.

“Gubernur Tan kemudian memanggi saya dan menyerahkan ke-10 orang itu ke kepolisian. Kini kami sedang mempersiapkan untuk membawa mereka ke Zamboanga dan menyerahkan mereka ke kantor konsuler,” tambah Cayat kepada harian The Inquirer, yang dikutip dari Fakta.

Cayat mengatakan para tawanan dibebaskan adalah anggota awak kapal tunda. Mereka diculik dari perairan Sulu pada tanggal 28 Maret.

 

Kapolri Jenderal Badrodin Haiti Membenarkan Bebasnya 10 Sandera yang ditawan Abu Sayyaf

“Ya sudah dibebaskan,” ujar Kapolri Jenderal Badrodin Haiti kepada merdeka.com, Minggu (5/1).

Menurut Badrodin, seluruh WNI dalam kondisi sehat. Namun Badrodin enggak menjelaskan secara detail proses pembebasan ini. “Masih ada tahapan, tunggu saja,” tuturnya.

Saat ditanya apakah ada pembayaran uang tebusan, Badrodin mengaku tidak memiliki kewenangan. Dia pun menolak memberikan informasi tersebut. Hanya saja Badrodin memberi sinyal pemerintah tak memberikan uang sepeser pun.

“Kita enggak tahu, bukan dari kita (tebusan). Pokoknya sudah lepas,” tandasnya.

(in)

%d blogger menyukai ini: