Sketsa News
Home Citizen-Jurnalism, News KAHMI, HMI Siap Konfrontasi dengan Wakil KPK, Saut Situmorang

KAHMI, HMI Siap Konfrontasi dengan Wakil KPK, Saut Situmorang

Sketsanews.com – “Mereka orang-orang cerdas ketika mahasiswa, kalau HMI minimal LK 1, tapi ketika menjadi pejabat mereka korup dan sangat jahat,” kata Saut dalam sebuah acara Talk Show, bertajuk Benang Merah; ‘Harga Sebuah Perkara’, di TV One, Kamis (5/5/2016) malam.

kahmi-melawan-saud-situmorang-wakil-kpk-1

Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) mengecam keras pernyataan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang, yang sangat tendensius terhadap kader HMI.

Saut dinilai sengaja menebarkan benih kebencian untuk menyudutkan nama besar organisasi kemahasiswaan muslim terbesar itu.

“Kami mengecam apa yang dinyatakan oleh Saut Situmorang. Pernyataan Saut itu sangat sangat sangat tendensius. Mengapa harus HMI yang disebut? Ini ada apa?,” kata Direktur Utama Badan Koordinasi Lembaga Pers Mahasiswa Islam (Lapmi) PB HMI, Muhammad Shofa ‎di Jakarta, Jumat (6/5/2016).

Diketahui, Saut sebelumnya melontarkan statement bahwa kader HMI adalah orang-orang cerdas saat masih mahasiswa. Tetapi setelah menduduki sebuah jabatan, berubah menjadi koruptor.

“Mereka orang-orang cerdas ketika mahasiswa, kalau HMI minimal LK 1, tapi ketika menjadi pejabat mereka korup dan sangat jahat,” kata Saut dalam sebuah acara Talk Show, bertajuk Benang Merah; ‘Harga Sebuah Perkara’, di TV One, Kamis (5/5/2016) malam.

Pernyataan Saut itu, menurut Shofa sangat tidak pantas keluar dari mulut seorang pimpinan lembaga Negara.

Dikatakan Shofa, sebagai pejabat publik, pria berlatar belakang Staf Ahli Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) itu seharusnya berhati-hati dan tidak asal bicara.

Sebab, kata dia, dari statement tersebut, Saut tampak sengaja mencoba melakukan stigmatisasi dan mengeneralisir bahwa kader HMI itu pelaku korupsi.

“Ingat, tidak semua kader HMI yang ikut Latihan Kader I (LK I), melakukan tindakan korupsi. Saut harus minta maaf kepada HMI,” tegas dia.

Saut, tambah dia, seperti mengalami amnesia bahwa di rahim HMI ada nama mantan Ketua MK, Mahfudz MD, mantan Penasehat KPK, Abdullah Hehamahua, dan Cendikiawan Muslim, Nur Cholis Majid (Cak Nur) yang integritasnya sudah teruji.

“HMI berperan penting dan melahirkan kader-kader terbaiknya dalam mengawal perjalanan bangsa ini, kami minta Saut tarik ucapannya itu atau mundur dari pimpinan KPK,” tandasnya.‎ (icl/TeropongSenayan)

 

Ribuan kader HMI direncanakan bakal menggelar unjuk rasa besar-besaran di depan gedung KPK, pada Senin (9/5/2016)

“Kami akan segera melakukan konsolidasi untuk menyikapi ucapan Saut Situmotang yang telah melecehkan HMI. Kami akan demo ke KPK, besok Senin,” kata Ketua Umum Korkom Universitas Bung Karno (UBK) Fahris Badar, Jakarta, Jumat (6/5/2016).

Dalam unjuk rasa terebut, kata Fahris, HMI akan melaporkan Saut kepada kepada Majelis Kode Etik KPK.

Selain itu, lanjut dia, pihaknya juga akan menuntut Saut meminta maaf secara terbuka di media massa secara berturut-turut selama lima hari.

Berikut tuntutan HMI Korkom UBK selengkapnya ;

1. Mendesak Sitomorang Untuk Segera Minta Maaf Terbuka selama 5 hari berturut-turut di media massa, Cetak, Online dan TV
2. Meminta kepada majelis kode etik komisi pemberantasan korupsi agar segera di adili karena telah melecehkan nama Instansi HMI
3. Saut situmorang segera mundur dari jabatannya. (*/TeropongSenayan)

 

 

 

(in)

%d blogger menyukai ini: