Sketsa News
Home Berita Terkini, Foto, News Evakuasi Jenazah Mahasiswa Korban Banjir Bandang Air Terjun Dua Warna Sibolangit

Evakuasi Jenazah Mahasiswa Korban Banjir Bandang Air Terjun Dua Warna Sibolangit

Sketsanews.com – “Kita menemukan 11 jenazah di sana di satu lokasi. Namun terpisah-pisah, jarak 50 sampai 100 meter. Ketika ditemukan, jenazah korban itu tertimpa-timpa batu dan kayu besar. Kondisi 11 jenazah itu, sangat memprihatinkan karena tidak lagi pakai baju dan beberapa organ tubuhnya hilang, ” ujar Hanafiah, seorang anggota tim evakuasi jenazah korban.

//twitter.com/Sutopo_BNPB/status/732388134164402177

 

Sebanyak 20 mahasiswa yang kuliah di Kota Medan, Sumut, terseret arus besar saat berwisata ke lokasi wisata Air Terjun Dua Warna, di Desa Durin Sirugun, Sibolangit, Minggu (15/5) petang.

Mendengar informasi itu, Badan Sar Nasional Deliserdang dan Sumut langsung turun ke lokasi kejadian untuk melakukan pencarian.

Menurut Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Deliserdang Darwin Surbakti, 76 orang mayoritas mahasiwa kampus di Medan. Rinciannya, 23 orang asal Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Flora, 5 orang asal Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), 15 orang Komplek Adam Malik, 5 orang dari Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara (USU), dan sebanyak 28 orang asal GMKI Fakultas Kesehatan Masyarakat USU.

Hingga Selasa lagi (17/5), 16 jenazah korban banjir bandang di Air Terjun Telaga Dua Warna sudah berhasil dievakuasi, dibawa dari posko ke Rumah Sakit Bhayangkara. Antara lain jenazah yang sudah dikenali atas nama Rafki, Mahasiswa STIKES Flora dan Ahmad Alhakim Lubis, yang juga merupakan Mahasiswa STIKES Flora.

“Kita menemukan 11 jenazah di sana di satu lokasi. Namun terpisah-pisah, jarak 50 sampai 100 meter. Ketika ditemukan, jenazah korban itu tertimpa-timpa batu dan kayu besar. Kondisi 11 jenazah itu, sangat memprihatinkan karena tidak lagi pakai baju dan beberapa organ tubuhnya hilang, ” ujar Hanafiah, seorang anggota tim evakuasi jenazah korban.

Sementara Camat Sibolangit, Amos Guru Singa menyebut di Desa Durin Serugun, ada ditemukan jenazah seorang wanita. Disebutnya, jenazah wanita itu terjepit di antara batu besar dan lereng. Jenazah itu sudah ditemukan sejak Minggu (15/5) sore.

Namun diakuinya jika jenazah itu belum dapat dievakuasi. “Berdasar pendataan kita, saat kejadian ada 76 orang berada di lokasi kejadian. Dari 76 orang itu, 57 orang ditemukan dalam kondisi selamat, ” ungkap Amos.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menyebutkan, hingga Selasa pagi tadi sudah 16 jenazah berhasil dievakuasi. “Satu lagi dalam proses evakuasi. Itu laporan tadi pagi,” ujar Sutopo. (ain/sam/jpnn)

Foto-Foto : Banjir Bandang Air Terjun Dua Warna Sibolangit

Evakuasi korban meninggal di Sibolangit. Korban tertimbun longsor dan terseret arus banjir bandang.
Tim SAR gabungan menyusuri sungai membawa jenasah korban di Sibolangit Deliserdang Sumut.
Dari 78 orang korban bencana banjir di Sibolangit : 56 selamat, 1 luka, 16 tewas, 1 dalam evakuasi, dan 4 hilang
Tim SAR gabungan saling bergantian melakukan evakuasi dan pencarian korban di Sibolangit.
16 korban tewas telah ditemukan di Sibolangit. 1 orang dalam proses evakuasi dan diperkirakan tewas dan 4 hilang.
Kondisi medan yang cukup berat tak menyurutkan semangat mengevakuasi korban Sibolangit.

Foto-foto via akun resmi twitter Sutopo Purwo Nugroho @Sutopo_BNPB, Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB

(in)

%d blogger menyukai ini: