Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, News Jabatan Kapolri Diperpanjang

Jabatan Kapolri Diperpanjang

Kapolri-Magelang780x390

Sketsanews.com – Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Arief Poyuono setuju atas wacana perpanjangan masa jabatan Kepala Polisi RI Badrodin Haiti. Menurut Arief, Badrodin mampu memposisikan diri secara netral.

“Partai Gerindra sudah punya semacam penilaian dan perhitungan. Ukurannya jelas pada saat Pilkada dan Polri bisa memposisikan netral,” kata Arief dalam sebuah diskusi di Jakarta, Selasa (17/5/2016).

Menurut Arief, Badrodin memiliki keahlian dalam memimpin Polri. Selain itu, Badrodin memiliki kemampuan khusus seperti penyidikan teroris.

“Yang susah itu keahlian dari managemen dan (Badrodin) sudah terbentuk seperti keahlian lama,” ucap dia.

Dari segi fisik, Badrodin juga dinilai masih mampu bekerja sampai usia 65 hingga 71. Selain itu, kata Arief, duet antara Badrodin dan Budi Gunawan menghasilkan kinerja yang baik.

Badrodin sedianya pensiun pada Juli 2016 saat genap berusia 58 tahun. Dalam Pasal 30 ayat (2) Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Polri, disebutkan usia pensiun maksimal anggota Polri adalah 58 tahun.

Pergantian Kapolri Bisa Timbulkan Gejolak di Tubuh Polri

Direktur Eksekutif Indonesia Public Policy Institute Agung Suprio mengatakan pergantian Kepala Polisi RI dapat menimbulkan kekacauan dalam manajemen dan regenerasi di tubuh Polri.

Agung menduga, kekacauan akan terjadi mana kala Badrodin digantikan Budi Gunawan yang saat ini menjabat Wakil Kapolri. Pasalnya, Budi memiliki masa 1,5 tahun sebelum memasuki usia pensiun.

Kekacauan lainnya yang mungkin terjadi, lanjut Agung, apabila Kapolri baru nantinya berusia sangat muda.

“Begitu juga kalau yang dipilih lebih muda misalnya Tito. Kalau dia bagaimana para senior,” ucap Agung di Jakarta, Selasa (17/5/2016).

Maka dari itu, Agung mengingatkan agar pergantian Kapolri harus dilakukan hati-hati. Jika tidak, ketidaksolidan di tubuh Polri akan terjadi dan berakibat pada ketidakstabilan politik dan sosial.

Agung mengatakan langkah terbaik yang bisa dilakukan adalah memperpanjang masa jabatan Kapolri Badrodin Haiti. Namun, Agung mengingatkan keputusan memperpanjang masa jabatan berada di tangan Presiden Joko Widodo.

Bz

 

%d blogger menyukai ini: