Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, News Ini Syarat Masuk ke Istana Bogor

Ini Syarat Masuk ke Istana Bogor

FRLYf6ewD7

Sketsanews.com – Menyambut Hari Jadi ke-534 Bogor, Pemerintah Kota Bogor bersama Istana Kepresidenan Bogor menggelar Istana untuk Raykat (Istura) selama lima hari. Terdapat sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi pengunjung untuk bisa masuk ke Istana Bogor, salah satunya batasan usia.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disbudparekraf) Kota Bogor, Shahlan Rasyidi, menjelaskan usia pengunjung dibatasi minimal 10 tahun. Hal tersebut sesuai dengan prosedur tetap yang ditetapkan Kepala Rumah Tangga Kepresidenan.

Minimal 10 tahun. Tapi diusahakan kalau rombongan bisa masuk,” kata Shalan, kepada Metrotvnews.com, Sabtu (21/05/2016).

Selain usia, beberapa persyaratan yang harus dipenuhi antara lain pengunjung harus berpakaian sopan dan rapi. Untuk laki-laki harus menggunakan kemeja, celana bahan panjang, dan bersepatu. Bukan pakaian santai seperti jeans atau kaus.

Sementara untuk perempuan, gaun paling pendek sebatas bawah lutut, blus berlengan, celana panjang atau busana muslim. Kemudian tidak menggunakan pakaian santai dan celana atau rok berbahan jeans dan T-shirt serta memakai sepatu.

“Tidak boleh menggunakan kaos oblong, membawa kamera, menggunakan sandal jepit, jeans, dan membawa tas besar. Kalau ponsel dan tas kecil masih diperbolehkan,” kata dia.

Seperti Istura 2015, para pengunjung tidak bisa masuk ke dalam gedung utama. Hal tersebut disebabkan adanya aktivitas Presiden Jokowi dan keluarga di Istana Kepresidenan Bogor.

Shahlan menyebutkan terdapat penurunan pengunjung pada Istura 2015 yang hanya mecapai 13.596 orang. Jauh dibandingkan jumlah pengunjung pada 2014, yakni sekitar 35 ribu orang.

“Tahun ini kami menargetkan 15 ribu pengunjung. Memang lebih sedikit dibandingkan Istura sebelumnya,” kata dia.

Istura digelar setiap tahun dalam rangka hari jadi Bogor. Selain Istura, Pemerintah Kota Bogor juga menggratiskan kunjungan ke beberapa museum, di antaranya Museum Etnobotani, Peta, dan Museum Perjoeangan.

“Istana Open atau Istana Untuk Rakyat dijadwalkan lima hari yakni dari tanggal 24-26 dan 30-31 Mei 2016,” ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Perisiwata Ekonomi Kreatif Kota Bogor, Shahlan Rasyidi, Jumat (20/5).

Shahlan menyebutkan, pendaftaran Istana Open telah dibuka dengan menyediakan dua lokasi pendaftaran. Yakni di kantor Disbudparekraf Jl Pandu Raya No 45, Bangbarung, Kecamatan Bogor Utara dan di Kemuning Gading belakang gedung DPRD Kota Bogor. (Br/Metrotvnews)

%d blogger menyukai ini: