Sketsa News
Home News, Tekno-Sains Hati-hati, Jangan Unduh WhatsApp Gold

Hati-hati, Jangan Unduh WhatsApp Gold

253306_whatsapp_663_382

Sketsanews.com – WhatsApp telah menjadi aplikasi populer bagi pengguna internet saat ini. Seiring popularitasnya, platform ini menjadi sasaran empuk bagi para penipu di dunia siber untuk menjerat korban.

Dikutip dari Daily Star, Selasa 24 Mei 2016, pengguna WhatsApp kini diminta hati-hati dengan penipuan yang bermodus pembaharuan versi WhatsApp. Sebuah penipuan baru muncul dengan menyamar sebagai pembaharuan layanan WhatsApp.

Penipuan baru itu akan muncul memberitahukan kepada pengguna untuk memperbaharui versi rahasia dari WhatsApp. Guna menarik pengguna, penjahat akan menawarkan versi baru yang dinamakan WhatsApp Gold. Dari namanya terdengar menarik dan baru, pada versi WhatsApp Gold ini, penipu menawarkan layanan dan fitur khusus yang hanya dimiliki segelintir pengguna saja.

“Hai, akhirnya versi rahasia dari WhatsApp Gold kini telah hadir. Versi ini hanya digunakan oleh selebriti papan atas. Sekarang kita bisa menggunakan versi ini,” demikian bunyi ajakan dari penipu.

Penipu juga memberikan informasi fitur menarik yang ada pada WhatsApp Gold, di antaranya video calling, mampu menghapus pesan yang dikirimkan pengguna secara tak sengaja, dan kemampuan mengirimkan 100 gambar sekaligus.

Nah jika Anda menemukan tautan yang meminta Anda untuk mengunduh ajakan pembaharuan WhatsApp Gold, maka abaikan dan hapus saja. Sebab jika Anda mengklik tautan itu, maka tautan itu akan mengaktifkan program perangkat lunak berbahaya (malicous software).

Daily Star menuliskan, munculkan penipuan pembaharuan WhatsApp itu muncul beberapa pekan setelah skema yang sama juga melanda pengguna Apple.

Modusnya sama, pengguna Apple yang dimaksud diminta untuk mengklik tautan pembaharuan layanan komputasi awannya, iCloud. Sang pengguna Apple itu berpikir memang ada skema tersebut, kemudian mengklik tautan dan menjadi korban. (Fr/viva)

%d blogger menyukai ini: