Sketsa News
Home Headlines, News Guru Mengaji di Babel Dapat Insentif Rp 1,2 Juta

Guru Mengaji di Babel Dapat Insentif Rp 1,2 Juta

Sketsanews.com – Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengalokasikan anggaran Rp 6,2 miliar untuk insentif guru mengaji selama 2016.

Kantor Gubernur Bangka Belitung
Kantor Gubernur Bangka Belitung

Dana yang berasal dari kas pemerintah daerah itu akan dibagi kepada 5.227 guru di Taman Pendidikan al Quran dan Taman Kanak-kanak Islam yang tersebar di tujuh kabupaten/kota di Bangka Belitung.

“Satu orang guru mendapat Rp 1,2 juta per tahun. Memang tidak seberapa, tapi kami berharap alokasi dana ini bisa meningkat setiap tahunnya,” kata Gubernur Bangka Belitung, Rustam Efendi usai membuka khataman Alquran Santri TPA Unit 042, Desa Tepus, Bangka Selatan, Selasa (24/5/2016).

Insentif diberikan sebagai bentuk perhatian pemerintah provinsi kepada tenaga pendidik agama yang menanamkan pondasi keagamaan pada generasi penerus bangsa.

Menurut Rustam, alokasi dana insentif guru ngaji baru kali ini digulirkan. Sebelumnya Biro Kesra mendata jumlah TPA dan guru yang aktif melakukan pengajian.

“Melalui pendidikan agama sejak dini, kelak membentuk karakter generasi penerus yang berakhlakul kharimah dan memiliki mental spiritual yang kuat,” ucap Gubernur asal Belitung itu.

Dalam kesempatan itu, gubernur menyaksikan 16 orang santri yang berjejer mengenakan pakaian adat sembari melafalkan juz 30 Alquran sebagai tanda khataman. Uniknya, bagi santri yang khatam, masyarakat sekitar diharuskan menyedekahkan telur rebus yang ditaruh dalam nampan dan diarak menuju masjid.

(Br/Kompas)

%d blogger menyukai ini: