Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, Internasional, News Jokowi Akan Bahas Kesejahteraan Asia di Depan Barack Obama dan Angela Merkel

Jokowi Akan Bahas Kesejahteraan Asia di Depan Barack Obama dan Angela Merkel

Sketsanews.com – Presiden Joko Widodo hari ini menghadiri kegiatan G7 Outreach Meeting di Ise-Shima, Jepang. Jokowi akan menjadi salah satu lead speaker dalam acara yang juga dihadiri oleh Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan Kanselir Jerman Angela Merkel.

Presiden Jokowi dan Presiden Obama saat di Gedung Putih AS (Foto: Setpres/Laily)
Presiden Jokowi dan Presiden Obama saat di Gedung Putih AS (Foto: Setpres/Laily)

Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi mengatakan, Outreach Meeting ini dilakukan dalam dua sesi. Salah satunya membahas soal kesejahteraan di Asia.

“Pertama, bicara mengenai stabilitas dan kesejahteraan di Asia. Presiden akan menjadi salah satu lead speaker untuk sesi pertama. Sedangkan sesi kedua adalah mengenai SDG’s 2030,” ujar Retno di Ise-Shima, Jepang, Jumat (27/5/2016).

Retno mengatakan, Presiden Jokowi dijadwalkan menghadiri Outreach Meeting tersebut sekitar pukul 09.00 waktu setempat. Di sela-sela sesi pertama itu, Jokowi akan melakukan pertemuan bilateral dengan PM Jepang Shinzo Abe dan di sela-sela sesi kedua Jokowi akan bertemu dengan Presiden Prancis Francoise Hollande.

G7 Summit atau disebut juga Group of Seven beranggotakan negara-negara termaju di dunia, yakni Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Jerman, Kanada, Italia dan Jepang. G7 berakar dari krisis minyak pada 1973 dan resesi dunia yang terjadi selanjutnya.

Masalah ini membuat Amerika Serikat mendirikan kelompok bernama Library Group, yakni suatu perkumpulan para Pejabat keuangan senior dari Amerika Serikat, Eropa dan Jepang. Kelompok ini tujuannya untuk mendiskusikan masalah-masalah ekonomi. Group of Seven ini yang diwakili kepala negara masing-masing akan hadir dalam agenda Outreach Meeting G7 Summit di Ise Shima.

Sementara itu, kehadiran Indonesia dalam G7 Summit yakni untuk memenuhi undangan dari PM Jepang Shinzo Abe dalam kegiatan Outreach Meeting, yakni pertemuan yang dihadiri oleh negara-negara berkembang. Negara yang diundang untuk Outreach Meeting ini di antaranya, Indonesia, Vietnam, Sri Lanka, Papua New Guinea, Laos, Chad. Selain itu, hadir juga Sekjen PBB Ban Ki Moon dan Presiden World Bank Jim Yong Kim.

Tim Komunikasi Presiden Ari Dwipayana mengatak, negara yang diundang dalam Outreach Meeting ini adalah negara yang dinilai memiliki pertumbuhan ekonomi yang baik dalam beberapa tahun terakhir. (An/ Detik)

%d blogger menyukai ini: