Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, News Tak Pakai Helm, Pelajar Dihukum Nyanyi “Indonesia Raya”

Tak Pakai Helm, Pelajar Dihukum Nyanyi “Indonesia Raya”

Sketsanews.com – Operasi Patuh Jaya yang dilaksanakan di Jalan Raya Daan Mogot pada Jumat (27/5/2016) terlihat berbeda. Dalam Operasi Patuh Jaya kali ini, petugas menindak para pelajar yang tidak menggunakan helm dan boncengan bertiga untuk menyanyikan lagu “Indonesia Raya” dan membaca Pancasila.

Foto: Selly Loamena/Okezone)
Foto: Selly Loamena/Okezone)

Kasat Lantas Polres Metro Tangerang, AKBP Hasbullah, mengatakan hukuman kepada pelajar lebih kepada pembinaan.

“Mereka memang kebanyakan belum memiliki SIM. Namun, ketika bisa menunjukkan surat kendaraan dan kartu pelajarnya, kami mengimbau agar berhati-hati dalam berkendara. Untuk pelajar yang melanggar seperti tidak menggunakan helm dan boncengan bertiga, kami menindaknya dengan menyanyikan lagu kebangsaan,” paparnya, Jumat (27/5/2016).

Hasbullah mengungkapkan, tindakan ini lebih kepada mendidik serta memberikan pengetahuan mengenai bahaya bila berkendara tidak menggunakan helm. “Mereka juga kami suruh menbacakan janji agar tidak mengulanginya lagi,” serunya.

Sementara itu, salah satu pelajar bernama Dian mengatakan bahwa awalnya dirinya takut ditilang. “Teman saya tidak pakai helm terus diberhentiin. Awalnya takut, tapi Pak Polisi-nya baik malah suruh saya nyanyi lagu kebangsaan. Malu juga sih diliatin,” kata Dian yang merupakan pelajar SMP di Tangerang.

Dian juga menambahkan kalau dirinya kapok untuk tidak pakai helm. “Saya besok-besok akan pakai helm dan tidak mau melanggar lagi,” katanya.

Sekadar diketahui, tercatat sebanyak 6.085 pelanggar lalu lintas ditindak Satlantas Polres Metro Tangerang. Para pelanggar lalu lintas pada Operasi Patuh Jaya yang dilaksanakan di Jalan Raya Daan Mogot ini didominasi para pengendara sepeda motor.

(Br/Okezone)

 

 

%d blogger menyukai ini: