Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, News Semangat Nasionalisme Dinilai Mulai Luntur

Semangat Nasionalisme Dinilai Mulai Luntur

Sketsanews.com – Semangat nasionalisme saat ini dinilai sudah mulai luntur, terutama di kalangan generasi muda. Upaya mengubah Pancasila sebagai dasar negara, terus dilakukan kelompok tertentu.

Oesman Sapta Odang, Wakil Ketua MPR (BSMH)
Oesman Sapta Odang, Wakil Ketua MPR (BSMH)

“Begitu hebatnya intervensi asing terhadap negara kita ini yang dengan kontinyu melakukan intervensi agar mengubah pandangan Pancasila kepada filosofi bangsa lain,” kata Wakil Ketua MPR, Oesman Sapta Odang, dalam acara “Sosialisasi Empat Pilar MPR” di Lapangan Benteng, Medan, Sumatera Utara (Sumut), Jumat (27/5).

“Kita dipecah belah. Kita anak bangsa diadu domba. Preman sama preman berkelahi. Umat beragama berkelahi sesama umat lain. Begitu juga suku berkelahi,” ujar Oesman.

Oleh karena itulah, menurut Oesman, sosialisasi Empat Pilar MPR yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika merupakan keniscayaan. “Empat Pilar ini harga mati,” katanya.

Sementara itu, Pangdam I Bukit Barisan, Mayjen TNI Lodewyk Pusung, mengatakan, Pancasila harus tinggal di lubuk hati sanubari seluruh anak bangsa. “Pancasila jangan hanya jadi slogan. Karena dengan Pancasila, seluruh rakyat Indonesia bersatu,” kata Pusung.

“Mari kita praktekkan Pancasila, bukan hanya sebagai slogan. Pedomani itu dalam kehidupan sehari-hari, maka saya yakin percaya NKRI akan tetap berdiri teguh dan kokoh.”

(Br/Beritasatu)

%d blogger menyukai ini: