Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, News, Tekno-Sains Tips Hindari Penyadapan Ponsel ala Edward Snowden

Tips Hindari Penyadapan Ponsel ala Edward Snowden

Sketsanews.com – Mantan teknisi agen rahasia Amerika Serikat (NSA), Edward Snowden, menjadi tokoh yang namanya selalu disebut-sebut jika membahas soal penyadapan. Kali ini, Snowden akan menunjukkan pada pengguna smartphone agar perangkat tidak memata-matai pengguna dalam episode Vice HBO.

Hindari Penyadapan Ponsel ala Edward Snowden (Foto: HBO)
Hindari Penyadapan Ponsel ala Edward Snowden (Foto: HBO)

Seperti dilaporkan Phone Arena, Jumat (27/5/2016), Snowden memperingatkan bahwa pengguna bisa meyakinkan diri bahwa perangkatnya “tidak bekerja untuk siapa-siapa”. Dia menjelaskan bahwa sebuah smartphone yang memasang banyak software perlu dicurigai karena penyadapan bisa dilakukan dengan memanfaatkan seluruh fitur ponsel.

Untuk memastikan smartphone aman dari penyadapan, Snowden melakukan cara ekstrem pada smartphonenya. Karena privasi penggunaan software sulit dipercaya, Snowden memutuskan untuk membongkar komponen input utama smartphone seperti microphone dan kamera.

Melepaskan kamera smartphone tentu bukan hal yang menyenangkan bagi pengguna, namun Snowden mengatakan bahwa seseorang bisa saja membajaknya dari jarak jauh dan melihat apa yang ada di depan dua kamera di smartphone Anda.

Snowden juga melepas tiga microphone dari smartphone yang dibongkarnya. Untuk berkomunikasi via telepon, pengguna masih akan bisa menggunakan earbud atau earphone yang kontrolnya hanya bisa dilakukan sang pengguna. (An/Okezone)

%d blogger menyukai ini: