Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, News Pertamina Buka Peluang Kerja Sama Pasok LPG dari Iran

Pertamina Buka Peluang Kerja Sama Pasok LPG dari Iran

Sketsanews.com –  PT Pertamina (Persero) menyatakan perseroan membuka peluang kerja sama dengan negara timur tengah yakni Iran dalam memasok Liquid Petroleum Gas (LPG) dan minyak mentah (crude oil).

Direktur Utama Pertamina, Dwi Soetjipto mengatakan pasokan LPG dan minyak mentah dari Iran cenderung murah dibandingkan dengan yang lain. Itu sebabnya, pasokan LPG dan minyak mentah dari negara di Teluk Persia ini akan menjadi kompetitor bagi negara lainnya.

Kilang Pertamina. ANT/Wahyu.
Kilang Pertamina. ANT/Wahyu.

“Kerja sama dengan Iran untuk supply LPG karena relatif murah, crude bisa jadi kompetitor untuk yang lain,” kata Dwi saat ditemui di Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Senin (30/5/2016).

Dwi menjelaskan, kemungkinan kerja sama itu masih dalam pembahasan direksi dan Sekretaris Menteri BUMN, Apriantono, dan Deputi Menteri BUMN Bidang Usaha Energi, Logistik, kawasan dan Pariwisata, Edwin Hidayat Abdullah.

“Itu tadi kita bahas,” ujar dia.

Dwi juga menambahkan, Pertamina juga menyampaikan minat untuk bergabung dalam pengelolaan blok migas di Iran. Saat ini Pertamina sedang mengikuti tender di blok tersebut.

“Kita juga sampaikan minat itu. Kita kan sekarang ikut tender. Treatment-nya ya tender biasa, karena kan opportunity-nya cukup bagus,” pungkas dia.

Sekadar informasi, Pertamina terus melebarkan sayapnya untuk mengelola blok-blok migas di luar negeri. Pada kuartal I, angka produksi yang tercapai dari blok luar negeri sebesar 85 ribu barel per hari (bph). Angka itu diharapkan terus mengalami peningkatan. Pertamina menargetkan produksi luar negeri bisa mencapai 104 ribu bph pada tahun ini. (dR/metrotvnews)

%d blogger menyukai ini: