Sketsa News
Home Berita Terkini, Tekno-Sains Referensi Coding Android Bahasa Indonesia

Referensi Coding Android Bahasa Indonesia

Sketsanews.com – Tahun 2017 diperkirakan pemilik ponsel berbasis Android mencapai 195 Juta. “Developer Indonesia harus mengambil kesempatan untuk mengakses pasar mobile Indonesia dengan menyediakan konten (aplikasi Android),” demikian tagline dari Indonesia Android Kejar.

Presiden Joko Widodo –Jokowi– telah mengunjungi beberapa perusahaan teknologi di Silicon Valley yang salah satunya kantor pusat Google di Mountain View, California, AS pada Rabu (17/2/2016) waktu setempat atau Kamis (18/2/2016) Waktu Indonesia Barat (WIB). Dari hasil pertemuan itu kesepakatan kerjasamapun dijalin, Google berkomitmen akan melatih 100.000 developer mobile sampai tahun 2020.

Program kerjasama itupun akhirnya diluncuran dengan nama Indonesia Android Kejar. Program ini akan berlangsung pada tanggal 28 Maret sampai 7 Mei 2016 di lima kota besar, yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya, dilansir dari CodePolitan.

Program belajar coding di //indonesiaandroidkejar.id/ ini  ini gratis, tidak memungut biaya sama sekali. Bahkan Udacity Course dapat diakses secara gratis.

Indonesia Android Kejar

Inilah referensi pertama, Indonesia Android Kejar adalah serangkaian kegiatan belajar bersama (study group) untuk mendukung developer Indonesia dalam mengembangkan aplikasi mobile melalui kursus online Udacity dan pertemuan offline. Kegiatan ini dijalankan oleh developer dan komunitasnya. Indonesia Android Kejar akan memfasilitasi pembahasan materi di level Beginner, Intermediate, dan Advance.

Website : indonesiaandroidkejar.id
E-Mail   : info@indonesiaandroidkejar.id

CodeAndroid Indonesia – Google Android Developer Group

CodeAndroid Indonesia merupakan komunitas yang cocok bagi teman – teman untuk berdiskusi seputar Android Development, mulai dari bug, error code, ide untuk membuat sebuah aplikasi dan lain – lain. Di tempat ini banyakAndroid Developer mulai pemula hingga mahir berkumpul untuk berdiskusi bahkan bertukar pikiran. Teman – teman bisa berkunjung ke link yang penulis sediakan: CodeAndroid Indonesia – Google Android Developer Group

Gookkis.com

Gookkis Studio merupakan situs tempat kamu untuk belajar Android Development. mulai dari design, live tools, database, library hinggaprogramming. Selain Android, Gookkis juga menyediakan tempat belajar Arduino dan Unity 3D. Teman – teman bisa berkunjung ke link yang penulis sediakan: Gookkis Studio

Dicoding.com

Dicoding merupakan situs untuk mengumpulkan para developer, baik pemula hingga mahir untuk menciptakan aplikasi yang dapat membantu masyarakat sekitar. Beragam challenge yang telah dilaksanakan oleh Dicoding baikchallenge mobile, web hingga virtual reality. Dicoding tidak ketinggalan membagikan modul – modul belajar Android bagi teman – teman yang berkutat di Android Development. Teman – teman bisa berkunjung ke link yang penulis sediakan: Modul Belajar Android Development.

Okedroid.com

Sama seperti Gokkis Studio, Okedroid merupakan salah satu situs tempat kamu untuk belajar Android Development. Tutorial yang disuguhkan juga tidak kalah dengan Gookkis Studio. Teman – teman bisa berkunjung ke link yang penulis sediakan: Okedroid

Cyberlearning.web.id

Materi kuliah yang ada di situs Cyberlearning – kampus IT online yang dibesut Onno W Purbo semuanya gratis dapat dipelajari oleh siapapun yang tertarik dan berminat dengan ilmu, termasuk Android.

Untuk menjadi mahasiswa Cyberlearning, bisa mengunjungi pada bagian E-Learning Rakyat. Di sana akan dijumpai beragram materi kuliah seperti Sistem Operasi, Jaringan Komputer, Pemanfaatan Rasberry Pi dan masih banyak lagi. Lihat situsnya di  eLearning Rakyat | Cyberlearning WebinarOnnoCenter Wiki.

 

(in)

%d blogger menyukai ini: