Sketsa News
Home Berita Terkini, News Pengadaan Alutsista Tak Kunjung Transparan

Pengadaan Alutsista Tak Kunjung Transparan

antarafoto-pameran-alutsista-tni-di-bogor-131215-firmansyah-2

Sketsanews.com – Reformasi sektor keamanan yang dimulai pada tahun 1998 tak kunjung usai. Problematika pada sektor keamanan Indonesia tidak banyak berubah. Untuk itu diperlukan momentum dan kepemimpinan yang kuat dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam menuntaskan reformasi sektor keamanan.

 Direktur Eksekutif Pusat Kajian Keamanan dan Perbatasan, Mufti Makarim menilai, beberapa masalah reformasi sektor keamanan yang muncul dan tidak kunjung usai adalah pengadaan Alutsista yang tidak juga transparan.

“Masalah lainnya, masih adanya penyimpangan Operasi Militer Selain Perang (OMSP), adanya sumber-sumber keuangan Polri yang tak teraudit, serta tidak adanya akuntabilitas institusi pertahanan, baik TNI maupun BIN,” ujar Mufti Makarim dalam keterangan pers, Kamis (02/06/2016).

Sementara itu, menurut peneliti rekan (Associate Researcher) LESPERSSI, Alman Helvas Ali, wacana Poros Maritim saat ini tidak diikuti dengan peta jalan dan cetak biru.

Ditambah tidak ada Kementerian atau Lembaga yang ditugaskan untuk menyusun hal tersebut. Akibatnya, pengelolaan keamanan tidak mengalami kemajuan. (Fr/Rimanews)

%d blogger menyukai ini: