Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, News Pesan Menteri Desa kepada Santri

Pesan Menteri Desa kepada Santri

574e7e6465d00-selamat-hari-lahir-pancasila-masa-lalu-indonesia-dan-hari-ini_663_382

Sketsanews.com -Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), Marwan Jafar, menyatakan bahwa Pancasila adalah dasar bagi seluruh masyarakat Indonesia termasuk warga pesantren. Ia pun mengajak para santri untuk ikut serta mempertahankan dan mengembangkan nilai-nilai Pancasila.

“Pesantren-pesantren di Indonesia juga sudah secara sah dan meyakinkan ikut serta mengembangkan nilai-nilai Pancasila, bukan nilai-nilai yang lain,” kata Marwan dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 2 Juni 2016.

Marwan menegaskan bahwa landasan negara ini adalah Pancasila, tidak ada paham yang lain. Apalagi, 1 Juni sudah diperingati sebagai hari lahir Pancasila.

“Pemerintah sudah mengeluarkan Keppres (Keputusan Presiden) bahwa 1 Juni adalah hari lahirnya Pancasila, dan hari libur nasional,” ujarnya.

Marwan mengatakan, keberadaan pesantren di Indonesia telah terbukti mampu membentengi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Kehadiran pesantren juga berhasil menciptakan kedamaian dan ketenangan negara, dibandingkan dengan negara di Timur Tengah yang rawan terjadi perang.

“Bahwa pesantren juga selalu mengakomodasi dengan keadaan-keadaan yang terus berkembang, saya yakin seyakin-yakinnya itu. Tetapi yang lebih penting bahwa pesantren juga tidak lupa dengan misi dasarnya, tidak lupa dengan asas dasar, dan tidak lupa dengan ajaran-ajaran dasarnya (yakni pendidikan),” ujarnya.

Bz/viva

%d blogger menyukai ini: