Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, News Polri Siap Tingkatkan Partisipasi pada Misi-misi Perdamaian PBB

Polri Siap Tingkatkan Partisipasi pada Misi-misi Perdamaian PBB

b977278f-b6f7-4852-8f05-39b13bcc2ebc_169

Sketsanews.com – Kapolri Jenderal Badrodin Haiti mengatakan bahwa kepolisian Indonesia akan meningkatkan peranannya dalam menentukan kesuksesan misi perdamaian PBB. Hal ini disampaikan Badrodin dalam United Nations Chief of Police Summit (UNCOPS) di Markas Besar PBB di New York, AS.

“Indonesia sangat menyadari pentingnya peningkatan peran kepolisian dalam menentukan kesuksesan misi-misi pemeliharaan perdamaian PBB, dan oleh karenanya siap meningkatkan perannya pada misi-misi tersebut,” ujar Kapolri dalam siaran pers PTRI New York yang diterima detikcom, Sabtu (4/6/2016).

Saat ini sebanyak 183 personel Polri tengah bertugas di 3 misi PBB, yaitu di Darfur (UNAMID), Sudan Selatan (UNMISS) dan Haiti (MINUSTAH).

Sejalan dengan komitmen yang disampaikan oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, pada Konferensi Tingkat Tinggi mengenai Pemeliharaan Perdamaian tahun 2015, sebanyak 100 personel Polri tambahan, termasuk 40 polisi wanita, tengah dipersiapkan untuk berpartisipasi pada misi-misi PBB di masa mendatang.

“UNCOPS merupakan forum diskusi penting yang memberikan peluang bagi para kepala kepolisian untuk membicarakan kebutuhan dan tantangan yang dihadapi oleh Kepolisian, terutama dalam kerangka pemeliharaan perdamaian dunia. Sejalan dengan amanah Konstitusi, harapan utama Indonesia tentunya adalah agar Polri dan TNI dapat berperan semaksimal mungkin dalam misi-misi pemeliharaan perdamaian, sehingga dapat terus mengharumkan nama Indonesia dan membuka peluang-peluang positif lainnya untuk Indonesia, seperti di bidang ekonomi, kebudayaan dan pariwisata,” jelas Wakil Tetap RI untuk PBB, Duta Besar Dian Triansyah Djani.

Penyelenggaraan UNCOPS tahun ini merupakan pertemuan tingkat tinggi antara Kepala Kepolisian yang pertama kalinya diselenggarakan oleh PBB, dan dihadiri oleh 32 Kepala Kepolisian dan 87 pejabat tinggi lainnya dari negara-negara PBB.

Tujuan dari pertemuan ini adalah untuk mengidentifikasi langkah-langkah ke depan yang perlu dilakukan oleh United Nations Police guna memaksimalkan perannya dalam menghadapi tantangan-tantangan yang terjadi di bidang kepolisian, khususnya yang terjadi di misi-misi PBB.

(bz/detik)

%d blogger menyukai ini: