Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, News Pemerintah Perlu Lakukan Operasi Pasar

Pemerintah Perlu Lakukan Operasi Pasar

Sketsanews.com – Pengamat politik dan Hak Asasi Manusia dari Labor Institute Indonesia Andy William Sinaga berpendapat, pemerintah harus segera menggelar operasi pasar untuk menekan kenaikan harga daging sapi, telur, dan kebutuhan pokok pada Ramadhan.

-_160606122256-184

“Sudah seharusnya Presiden segera memerintahkan aparat di bawahnya, seperti Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, Bulog dan pemerintah daerah, untuk segera bekerja mengendalikan harga kebutuhan pokok,” kata Andy, di Jakarta, Senin (6/5).

Pada bulan puasa tahun ini, menurut Andy, para buruh, petani, nelayan, dan kelompok pekerja informal masih mengalami nasib yang sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Karena harga daging sapi dan kebutuhan pokok di pasar-pasar Jakarta dan sekitarnya, masih tetap tinggi.

Andy berharap, pemerintah tidak hanya menyerukan untuk mampu menurunkan harga daging sapi dan kebutuhan pokok lainnya, namun bekerja menyehatkan harga dengan menggelar operasi pasar.

Tempat yang bisa menjadi sasaran operasi pasar, antara lain kawasan tempat tinggal buruh, petani, nelayan, dan pekerja informal, –agar harga kebutuhan pokok di tempat-tempat tersebut dapat dikendalikan.

“Bila perlu polisi dan TNI diikutsertakan dalam menggelar operasi, dan menindak penimbun bahan pokok,” kata Andy.

Beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berjanji akan menurunkan harga daging sapi dan kebutuhan pokok lainnya.

Dalam acara Konvensi Nasional Indonesia Berkemajuan 2016 di Yogyakarta, Presiden meminta, agar harga daging sapi di bawah Rp80.000 per kilogram sebelum Lebaran tahun ini.

Menurut dia, jika di negara lain hal tersebut dimungkinkan, maka seharusnya di Indonesia bisa dilakukan.

“Kalau di negara lain bisa, kita juga seharusnya bisa. Ini mau tidak mau. Niat tidak niat, hanya itu saja,” kata Presiden Jokowi.

Sementara itu, Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, pemerintah berpotensi membuka keran impor daging sapi menjelang Hari Raya Idul Fitri, karena ketersediaan dalam negeri perlu penambahan.

“Menambah suplai dari dalam negeri atau pun kalau memang dibutuhkan, ya dari luar. Banyak yang mungkin diimpor, tapi yang paling memungkinkan daging,” kata Wapres.

(bz/skalanews)

%d blogger menyukai ini: