Sketsa News
Home Berita Terkini, Tekno-Sains Lilium, Era Pesawat Terbang Mungil Parkir di Rumah

Lilium, Era Pesawat Terbang Mungil Parkir di Rumah

lilium-aviation-germanSketsanews.com – Lilium, pesawat terbang yang ditenagai listrik yang akan lepas-landas secara vertikal laiknya helikopter. Pesawat terbang konsep ini  dirancang tim dari Jerman, yang akan masuk lini produksi pada 2018 dan dijual umum.

Lilium adalah perusahaan aeronautik pemula yang didirikan empat insinyur penerbangan dari Universitas Munich, yaitu Daniel Wiegand, Patrick Nathen, Sebastian Born, dan Matthias Meiner.

Wiegand menekankan keuntungan konsepnya dari sisi kepraktisan penggunaan dan akrab lingkungan. “Tujuan kami adalah mengembangkan pesawat terbang yang bisa dipakai sehari-hari. Kami menyasar pada pesawat terbang yang tidak memerlukan infrastruktur rumit dan mahal laiknya di bandara,” kata dia, dilansir dari Antara.

Untuk mengurangi polusi udara dan suara, kami memakai mesin listrik sehingga dia bisa dipakai di lingkungan perumahan.

Lilium memakai mesin berbasis bilah kipas (ducted fan) yang dikatakan mereka lebih senyap ketimbang helikopter atau mesin pesawat terbang pribadi.

Dengan ukurannya yang kompak, dia tidak memerlukan infrastruktur yang rumit dan mahal. Catu dayanya disimpan dalam akumulator alias baterai yang bisa diisi ulang di rumah-rumah.

Dari sisi aturan regulasi penerbangan, termasuk keselamatan dan keamanan penerbangan, Lilium dikategorikan sebagai pesawat terbang sport ringan, sehingga pilot harus memiliki lisensi minimal di kelas ini dan mengantongi paling tidak 20 jam terbang latihan untuk bisa menerbangkan Lilium secara bebas dan legal.

HargaLilium siperkirakan  akan lebih murah ketimbang membeli dan menerbangkan pesawat terbang serupa yang kini ada di pasaran.

Berikut spesifikasi  Lilium :

Take-off and landingVertically
SteeringEasy to fly (Fully computer-assisted control system)
LicenseSport pilot license (LSA)
Number of passengers2
Max. take-off weight600 kg
Payload200 kg
Cruising velocity300 km/h / 180 mph
Max. velocity400 km/h / 250 mph
Range500 km / 300 mi
Power320 kW / 435 hp

(in)

%d blogger menyukai ini: