Sketsa News
Home Internasional, News Harapan Turki Pada Sang Sniper

Harapan Turki Pada Sang Sniper

Sketsanews.com –  Turki seakan tidak pernah berhenti menghasilkan bintang baru. Mulai dari Hakan Sukur, Volkan Demirel, Nuri Sahin hingga Arda Turan, semua merupakan bintang yang cukup terkenal dan berasal dari negara di perbatasan Eropa da Asia tersebut.

Dua nama terakhir bahkan kini masih meramaikan persepakbolaan Eropa dan nampaknya akan menjadi pilar utama Fatih Terim dalam timnya untuk turnamen Euro 2016 mendatang.

Satu nama lainnya yang tidak bisa dipandang sebelah mata dari skuat Turki adalah gelandang serang andalan mereka, Hakan Calhanoglu. Talenta Calhanoglu memang kian diapresiasi oleh publik internasional semenjak kepindahannya ke Bayer Leverkusen pada musim 2014/15.

Hakan-Calhanoglu-sniper-turki
Hakan Çalhanoğlu is a Turkish professional footballer who plays as an attacking midfielder for German club Bayer Leverkusen and the Turkey national team. He is known for his ability of scoring from free kicks.

Begitu pula keahliannya dalam mengeksekusi tendangan bebas. Sang pemain pun tidak sungkan untuk dibandingkan dengan salah satu playmaker dunia berdarah Turki lainnya, Mesut Oezil.

Kedua pemain inipun memiliki banyak kesamaan. Sama-sama berposisi sebagai gelandang serang dan menjadi pilihan utama bagi timnya, Calhanoglu dan Oezil pun sama-sama dilahirkan di Jerman. Namun–sementara Oezil memilih Jerman sebagai timnasnya–Calhanoglu lebih memilih untuk membela tanah leluhurnya, meskipun secara kemampuan sebenarnya ia juga cukup baik untuk membela Jerman. “Bermain untuk Turki adalah sebuah kehormatan. Aku ingin menjadi Mesut Oezil-nya Turki,” begitu ungkap Calhanoglu pada sebuah wawancara di tahun 2012. Kini, perbandingan antara keduanya pun sangat bisa dibilang mungkin dilakukan.

Meskipun sama-sama berposisi sebagai gelandang serang, kedua pemain ini memiliki keunggulan yang berbeda. Sementara Oezil bisa dibilang sebagai salah satu gelandang paling kreatif saat ini–dalam hal penciptaan peluang dan assist–kelebihan Calhanoglu adalah pada eksekusi tendangan bebasnya. Kita tentu ingat pada 2014–kala itu ia masih memperkuat Hamburg–tendangan bebas sensasional Calhanoglu dari tengah lapangan berhasil membobol gawang Borussia Dortmund yang dikawal oleh Roman Weidenfeller. Bersama Leverkusen hingga kini, Calhanoglu pun sudah mencetak 11 gol melalui tendangan bebas.

Karir internasional Calhanoglu pun tidak semulus yang diperkirakan–bahkan ia sempat hampir pensiun dini dari timnas. Insiden yang melibatkan dirinya bersama Omer Toprak dan Gokhan Tore sempat menjadi bahan pemberitaan media. Kini, dua nama tersebut tidak masuk kedalam 23 nama yang dibawa oleh Terim untuk Euro sementara Calhanoglu termasuk. Dengan kemampuannya, tentu Terim berharap Calhanoglu bisa membawa Turki finis setinggi mungkin di Euro 2016 mendatang. (*/SuperSoccer)

(in)

%d blogger menyukai ini: