Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, Internasional, News Larangan Minum Alkohol Tak Pengaruhi Tingkat Kejahatan Tentara AS di Jepang

Larangan Minum Alkohol Tak Pengaruhi Tingkat Kejahatan Tentara AS di Jepang

Sketsanews.com – Larangan minum alkohol bagi marinir Amerika Serikat (AS) di Jepang ternyata tidak terlalu berpengaruh pada tingkat kejahatan yang dilakukan tentara AS di Jepang.

Demikian hasil survei yang dilakukan Tokyo MX, Kamis (9/6/2016).

Hasil survei Tokyo MX Kamis, 9 Juni 2016
Hasil survei Tokyo MX Kamis, 9 Juni 2016

Sebanyak 276 responden (19,8 persen) menyatakan ada pengaruhnya. Namun jauh lebih banyak, 1.119 responden (80,2 persen) menyatakan bahwa pelarangan alkohol tak ada pengaruh atas tingkat kejahatan para marinir AS yang ada di Jepang.

Bahkan seorang warga Jepang yang dihubungi Tribunnews.com, Emiko Kobayashi, menyatakan bukan soal alkohol untuk mengurangi kejahatan tersebut.

“Banyak tentara AS di Jepang yang memiliki pikiran sudah tidak baik untuk melakukan kejahatan di Jepang dan kalau melakukan pun gampang kabur ke AS nantinya,” kata Kobayashi.

Tsunehira Furuya (36), kritikus dan penulis kesejahteraan sosial Jepang mengungkapkan bahwa pemerintah Jepang dalam hal ini partai liberal (LDP) sangat manis terhadap AS.

“Kalau AS bicara apa pun tampaknya Jepang tak pernah menolaknya selalu bilang yes, padahal harus kuat Jepang menentang apabila memang tidak sesuai dengan budaya Jepang. Apakah ini yang namanya aliansi Jepang-AS?” katanya.

Sebelum peraturan pemberlakuan larangan minum alkohol Senin lalu, Minggu (5/6/2016), sersan Aimee Mejia ditangkap setelah dikabarkan salah jalur saat mengendarai mobilnya di jalan bebas hambatan dan menabrak dua kendaraan, serta melukai dua orang.

Demikian kata juru bicara kepolisian Takashi Shirado.

Akibat kejadian itulah pihak AS mengeluarkan larangan keras minum alkohol dan bahkan jam malam bagi para marinirnya di Jepang saat ini. (An/ Tribunnews)

%d blogger menyukai ini: