Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, News Sita Bahan Peledak Tinggi, Teroris di Surabaya Juga Rencanakan Teror ke Polisi

Sita Bahan Peledak Tinggi, Teroris di Surabaya Juga Rencanakan Teror ke Polisi

20130513114701179

Sketsanews.com – Densus 88/Antiteror Mabes Polri menangkap tiga orang terduga teroris di Surabaya Rabu (8/6). Dari ketiga orang itu disita bahan peledak berdaya ledak tinggi.

“Yang ditangkap PHP, BR, dan lalu FN. Barang bukti yang dapat diamankan sementara dari tersangka antara lain bahan peledak high explosive HMTD (Heksametilendiamin peroksida),” kata sumber di kepolisian yang meminta nama pelaku diinisialkan.

Selain itu juga disita senjata api rakitan dan amunisi. Dari hasil pemeriksaan sementara tersangka diperoleh keterangan mereka telah merencanakan aksi teror terhadap anggota polisi.

“Mereka juga menyasar tempat lain. Sementara masih dilakukan pengembangan. PHP itu adalah mantan napi kasus narkoba eks Lapas Porong yang dibina Shibgho,” lanjut sumber itu.

Shibgho adalah eks napi kasus terorisme perampokan Bank CIMB Niaga, Medan. Namanya kembali muncul di radar Densus pada Desember 2014.

Saat itu Shibgo ditangkap aparat Imigrasi Malaysia bersama dengan sejumlah WNI lain saat hendak berangkat ke Suriah.

Begitu dipulangkan ke Jakarta, lelaki kelahiran Magetan, Jawa Timur 34 tahun lalu itu kembali diproses hukum karena menyembunyikan Dulmatin yang saat itu masuk daftar pencarian orang kasus terorisme.

“Sedangkan yang BR terkait dengan Abu Jandal alias Salim Mubarok At-Tamimi di Malang,” imbuh sumber itu.

Abu Jandal adalah pentolan WNI yang saat ini sudah ada di Suriah bergabung dengan ISIS sejak 2014 lalu. Dia pernah muncul di sebuah video di Youtube dan mengancam sejumlah pihak.

(bz/suara pembaharuan)

%d blogger menyukai ini: