Sketsa News
Home Berita Terkini, News Ramadan, Butuh Rp4,3 Triliun

Ramadan, Butuh Rp4,3 Triliun

Sketsanews.com – Kebutuhan masyarakat meningkat selama Ramadan. Baik untuk belanja maupun keperluan lain. Hal ini membuat peredaran atau kebutuhan akan uang juga meningkat. Kepala Kantor Bank Indonesia (BI) Provinsi Sumsel, Hamid Ponco Wibowo, mengatakan, pada 2016 diperkirakan kebutuhan sebesar Rp4, 3 Trilun.
e245e7c7ba33d750f6b5d2818ab0ec32_XL
“Angka ini, selain untuk antisipasi kebutuhan di hari raya, juga untuk pembayaran gaji ke-13 & 14 serta pencairan dana desa dan lainnya,” terang Ponco beberapa waktu lalu. Namun dibanding tahun sebelumnya, angka ini justru turun sekitar 5 persen.
Menurut Ponco, penurunan ini merupakan hanya masalah cara penghitungan atau pengambilan data. “Sebenarnya kalau dibandingkan dari tahun lalu angka ini tetap naik,” jelasnya. Dimana pengambilan data di tahun lalu digunakan untuk dua bulan, sementara tahun ini digunakan angka proyeksi satu bulan.
Sementara, kenaikan harga daging ayam picu inflasi pada Mei lalu. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Selatan mengalami inflasi sebesar 0,63 persen pada Mei 2016. Kepala BPS Sumsel, Yos Rusdiansyah, mengatakan, inflasi terjadi akibat meningkatnya konsumsi masyarakat.
Dimana selain daging ayam ras dan angkutan udara, komoditas lain yang menjadi pemicu terjadinya inflasi, yakni gula pasir, rokok kretek, minyak goreng, telur ayam serta tas tangan wanita. “Jika dilihat dari kelompok pengeluaran, maka inflasi di Palembang terdapat enam kelompok yang mengalami kenaikan indeks harga dan hanya satu kelompok yang menurun,” jelasnya. (Dan/Sumeks)
%d blogger menyukai ini: