Sketsa News
Home Berita Terkini, News Rizal Ramli Akui Kebijakan Susi Kontroversial tapi Ada Manfaatnya

Rizal Ramli Akui Kebijakan Susi Kontroversial tapi Ada Manfaatnya

sketsanews.com – Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Rizal Ramli mengakui langkah kebijakan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti terkait penenggalaman kapal pelaku illegal fishing kontroversial.

1855034IMG-20160409-104140-picsay780x390

Tetapi langkah itu ada manfaatnya yang cukup besar. Rizal Ramli menyatakan karena kebijakan tersebut, tangkapan ikan tradisional naik berkali-kali lipat.

Rizal Ramli mencontohkan untuk daerah Sibolga kini tangkapan ikannya naik dua kali lipat dari 200 ton ke 400 ton.

“Negara tetangga juga dulu ikannya dari colongan kita, tapi sekarang tidak bisa, industri perikanannya juga alami kebangkrutan, rugi,” kata Rizal Ramli di Gedung DPR, Senin (13/6/2016).

Menurut Menko Rizal, kebijakan itu juga momentum untuk memperbaiki industri perikanan nasional agar bisa mengeskpor hasil tangkapan ikan yang selama dicuri oleh asing.

“Dulu dicuri, kita tidak punya industri. Sekaran harus dibuka investasi dalam negeri, dan luar negeri supaya memiliki industri perikanan nilai tambah makin besar,” ucap Rizal Ramli.

Rizal Ramli juga menuturkan jika ikan Indonesia tidak dicuri maka Indonesia juga bisa menjadi pengekspor ikan tuna nomor satu di dunia. “Sekarang kan kita peringkat 15 pengekspor tuna, tanpa colongan bisa nomor 1, termasuk juga beberapa jenis ikan lainnya,” pungkas Rizal.(Dan/Kompas)

%d blogger menyukai ini: