Sketsa News
Home News Perppu Kebiri Terbit, Muncul 1508 Kasus Kejahatan Terhadap Anak

Perppu Kebiri Terbit, Muncul 1508 Kasus Kejahatan Terhadap Anak

Sketsanews.com – Data dari Direktorat Bimbingan Kemasyarakatan dan Pengentasan Anak pada Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM menunjukkan satu hari setelah Perppu perlindungan dikeluarkan, 26 Mei 2016, jumlah kejahatan terhadap anak malah meningkat.

“Kejahatan pada anak menjadi peringkat ketiga dari seluruh tindak pidana yang terjadi,” kata Direktur Bimbingan Kemasyarakatan dan Pengentasan Anak pada Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM, Djoko Setiono usai diskusi di Gedung Sarinah, Jakarta, Selasa (14/6/2016), dikutip dari TribunNews.

Sejak regulasi tersebut dikeluarkan jumlah kejahatan terhadap perlindungan anak justru meningkat sebanyak 1508 kasus. “Peningkatan dengan jumlah sebesar ini bukan hal biasa,” kata Djoko.

Sebagaimana diketahui, Presiden Joko Widodo telah menandatangani peraturan pemerintah pengganti undang-undang Nomor 1 Tahun 2016 tentang perrubahan kedua Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

Perppu ini memperberat sanksi bagi pelaku kejahatan seksual, yakni hukuman mati, penjara seumur hidup, maksimal 20 tahun penjara dan minimal 10 tahun penjara.

Perppu juga mengatur tiga sanksi tambahan, yakni kebiri kimiawi, pengumuman identitas ke publik, serta pemasangan alat deteksi elektronik. Perppu ini mengubah dua pasal dari UU sebelumnya yakni pasal 81 dan 82, serta menambah satu pasal 81A, dikutip dari Kompas.

(in)

%d blogger menyukai ini: