Sketsa News
Home Berita Terkini, News Siapa Wakapolri Pendamping Tito? Budi Gunawan atau Budi Waseso?

Siapa Wakapolri Pendamping Tito? Budi Gunawan atau Budi Waseso?

Sketsanews.com – Pucuk pimpinan institusi Polri sudah jelas akan dipimpin oleh Komjen Tito Karnavian, kini hanya tinggal menunggu hasil uji kelayakan di DPR RI.

wakapolri-hadiri-silaturahmi-korban-teror-thamrin_20160128_205722

Siapa wakapolri yang akan mendampingi Tito? Apakah tetap Komjen Budi Gunawan atau jenderal bintang tiga lainnya yang akan terpilih?

Menurut pengamat politik, Sunanto, paling tidak ada dua nama yang dinilai bisa menjadi pendamping Tito kala menjabat Kapolri. Yakni bisa kembali meminang seniornya Komjen Budi Gunawan atau Komjen Budi Waseso sebagai Wakapolri.

“Sepatutnya bisa tetap Pak Budi Gunawan atau seperti Pak Buwas,” ujar pengamat politik, Sunanto kepada Tribunnews.com, Jumat (17/6/2016).

Disamping sebagai strategi komunikasi yang efektif maka seharusnya Wakapolri adalah senior yang memiliki kapabilitas dan dukungan publik dan internal yang baik.

“Kalau seangkatan maka akan menimbulkan potensi konflik karena senior merasa disingkirkan. Itu akan bahaya dalam menjaga stabilitas internalnya,” jelasnya

Dengan kombinasi tersebut dia melihat maka tercipta senior membantu yuniornya memperbaiki Polri. Jadi saling bahu-membahu meningkatkan kualitas Polri.

Saat disinggung pendapatnya mengenai yang muda yang diajukan Jokowi sebagai calon Kapolri, menurutnya kini nasib generasi atau angkatan mendapatkan pola baru. Yakni bukan pada tingkatan tapi pada kualitas dan kapabilitas seseorang.

Dengan demikian setiap Jenderal Polisi akan selalu berkompetitif tidak berdasarkan sekat-sekat angkatan.

Karena sistem yang baru dalam generasi Polri yang melewati angkatan senior, maka Tito harus berkomunikasi.

Selain juga Tito memberikan peran berdasarkan kapabilitas dan kualitas harus menjadi pijakan dalam menangani polemik ini di internal. (Jk/ Tribunnews.com)

%d blogger menyukai ini: