Sketsa News
Home Berita Terkini, News Vaksin Palsu Bisa Jadi Beredar di Lampung

Vaksin Palsu Bisa Jadi Beredar di Lampung

Sketsanews.com – Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Aman Pulungan mengatakan, pemalsuan vaksin sangat menghawatirkan.

Dengan fakta tersebut, anak-anak masih belum terlindungi dari penyakit berbahaya yang bisa ditangkal vaksin. ”Kerugian paling parah justru anak tidak terlindungi,” tegasnya.

Menkes-Nila-Moeloek

Dengan demikian sang anak bisa diverifikasi soal vaksinasi yang sudah dilakukan ataupun yang ketinggalan.

Dirjen Bina Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kemenkes Maura Linda Sitanggang meminta seluruh faskes lebih awas dalam membeli obat dan alat kesehatan. Mereka diimbau untuk membeli obat dan alkes melalui e-catalog yang sudah difasilitasi Kemenkes.

”Selanjutnya, akan kita wajibkan semua agar tidak terulang. E-catalog akan terus dilengkapi,” katanya.

Sementara, Menteri Kesehatan (Menkes) Nila Moeloek mengakui hal itu tidak bisa disepelekan. Pihaknya telah mengeluarkan surat edaran untuk seluruh fasilitas kesehatan di Indonesia untuk mewaspadai hal ini.

Dia meminta para orang tua yang berada di daerah-daerah terindikasi untuk segera membawa anaknya ke dinas kesehatan atau dokter anak. Tidak ada yang bisa menjamin sebuah daerah bebas dari vaksin palsu itu.

Karenanya, selain tersebar di DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat. Namun tidak menutup kemungkinan sudah merambah ke hampir seluruh daerah termasuk Lampung. ”Seluruh fasilitas kesehatan di daerah sudah dinstruksikan,” tandasnya.

Surat juga diteruskan pada Dinas Kesehatan tiap daerah, agar segera melakukan audit ke fasilitas kesehatan di wilayah masing-masing.(Dan/Radarlampung)

%d blogger menyukai ini: