Sketsa News
Home Berita Terkini, News Audit Fasilitas Kesehatan, Vaksin Ulang Korban Pemalsuan

Audit Fasilitas Kesehatan, Vaksin Ulang Korban Pemalsuan

Sketsanews.com – Terkuaknya peredaran vaksin palsu oleh kepolisian membuat Kementerian Kesehatan (Kemenkes) kelabakan. Muncul kekhawatiran bila vaksin palsu tersebut telah disuntikkan pada anak-anak.

800-3-696x464

Karenanya, Kemenkes berencana menjadwalkan kembali vaksinasi bagi anak-anak di daerah yang dicurigai sebagai lokasi peredaran vaksin palsu.

Namun hingga saat ini Kemenkes belum mengetahui isi kandungan vaksin palsu tersebut. Hasil uji laboratorium BPOM belum membuahkan hasil karena masih diproses. Ada beberapa jenis vaksin yang dipalsukan, yakni BCG, Campak, Polio, Hepatitis B, dan Tetanus Toksoid.

Meski begitu, Menteri Kesehatan (Menkes) Nila Moeloek mengatakan, pihak kepolisian memprediksi kandungan vaksin palsu itu berupa cairan dan antibiotik.

Jumlah cairan yang disuntikkan pun tidak lebih dari 0,5 cc alias tidak membahayakan.

”Dampak tidak terlalu besar, karena bukan virus yang dimasukkan. Tapi, kita tetap khawatir dengan cara produksinya. Bisa jadi tidak steril,” tutur Menkes dalam temu media di Kemenkes, Jum’at (24/6). ”Dinkes sudah mulai audit ke apotek, puskesmas, dan bidan,” ujarnya.(Dan/Radarlampung)

%d blogger menyukai ini: